Selasa 22 Jan 2013 13:25 WIB

Peneliti: Video Game Lebih Baik Ketimbang Televisi

Bermain video game.
Foto: Reuters
Bermain video game.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bermain video game ternyata bisa jadi lebih baik ketimbang menonton televisi bagi anak-anak. Setidaknya itu yang ditemukan para ilmuwan dari Queensland University of Technology Australia melalui penelitian terbarunya.

Berdasarkan data penelitian dari Longitudinal Study of Australian Children, para ilmuwan menemukan kalau anak yang menghabiskan waktu dengan bermain video game akan mengalami peningkatan daya kognitif yang lebih baik daripada anak yang menghabiskan waktu dengan menonton televisi.

Salah satu ilmuwan dari penelitian itu, Dr Daniel Johnson dari Queensland University of Technology, mengatakan bahwa menonton televisi adalah kegiatan pasif. Sementara itu, bermain video game adalah kegiatan yang lebih interaktif.

Kegiatan interaktif dinilai sangat baik untuk anak, karena dapat meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan kognitif, dan aktivitas sosial. 

"Ada banyak pemberitaan negatif tentang video game, namun penelitian menunjukkan dampak negatif video game hanya terlihat pada segelintir orang," kata Johnson sebagaimana dilaporkan MedicalDaily.

Baru-baru ini satu laporan menyatakan bahwa video game aktif dapat meningkatkan aktivitas fisik pada anak-anak perkotaan, sehingga permainan ini dapat membantu menjaga bobot tubuh mereka.

"Penelitian berkesinambungan telah menunjukkan bahwa video game aktif seperti Nintendo Wii, Sony PlayStation Move, serta XBOX Kinect, dapat digunakan untuk memotivasi anak-anak untuk berolah raga dan lebih aktif di ruang terbuka daripada saat bermain game," tambah Johnson.

Ilmuwan lain dari Queensland University of Technology, Dr Penny Sweetser, mengatakan bahwa permainan video game dan menonton televisi bukanlah dua kegiatan serupa. Dua kegiatan untuk anak ini perlu terbagi menjadi dua kategori yaitu aktif dan pasif.

Namun yang harus diingat, tidak semua video game pantas dimainkan oleh anak-anak. Orang tua harus memastikan anak-anak memainkannya dengan tidak berlebihan, kata Sweetser.

Menurut perkiraan pada ilmuwan, anak-anak di Amerika menghabiskan waktu 4,5 jam untuk menonton televisi dan lebih dari satu jam untuk bermain video game.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement