Jumat 18 Jan 2013 19:02 WIB

Hewlett Packard Masih Memimpin Pasar Komputer

Rep: Rosita Budi Suryaningsih/ Red: M Irwan Ariefyanto
Hewlett Packard
Foto: digitaltrends.com
Hewlett Packard

REPUBLIKA.CO.ID,Lembaga survei International Data Corporation (IDC) merilis laporan untuk pangsa pasar personal computer (PC)  dalam kuartal keempat  2012. Di pasar dunia Hewlett Packard (HP) masih bisa mempertahankan posisinya sebagai market leader dalam pengapalan PC di pasar dunia dan Amerika Serikat.

Senior Research Analyst ID Jay Chou mengatakan, total pengapalan PC Komputer di seluruh dunia mencapai 89,9 juta unit di kuartal keempat tahun 2012. Angka ini turun 6,4 persen dibandingkan tahun lalu.  Dirilisnya operating system (OS) terbaru dalam dunia komputer, yaitu Windos 8 ternyata belum bisa memberikan pengaruh yang signifikan pada penjualan produk PC Komputer.

Analis IDC juga menyertakan segmen yang sangat penting dalam dunia yaitu segmen Workstation. Dengan dimasukkanya segmen ini, membuat laporan dari IDC tersebut bisa merepresentasikan analisis paling komprehensif terhadap pasar PC secara keseluruhan.

"Pasar untuk PC semakin loyo dan yang terberat terjadi pada kuartal kedua. Penyebabnya adalah banyak konsumen yang beralih pada peranti tablet dan smartphone. Apalagi fitur touchscreen di Windons 8 membuat konsumen ragu-ragu," ujar Chou dalam siaran persnya, pekan lalu.

Walaupun pasar PC semakin loyo, HP masih optimistis dan bisa mempertahankan posisinya sebagai nomor satu dalam market share. Dalam siaran persnya, HP meyakini bahwa posisi kepemimpinannya untuk pangsa pasar PC dunia menunjukkan komitmen serta keseriusannya dalam menghadirkan produk-produk PC berkualitas terunggul sekaligus pengalaman yang memuaskan bagi pelanggan di berbagai segmen. HP akan tetap menghadirkan jajaran produk yang lengkap dan beragam dari perangkat PC Mobile hingga workstation.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement