Rabu 02 Jan 2013 06:56 WIB

Telepon Ini Mampu Mendeteksi Berbagai Penyakit

Penyakit Jantung/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Penyakit Jantung/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Penggunaan telepon pintar saat ini semakin luas dan bervariasi. Saat ini, telepon pintar bahkan sudah bisa dimanfaatkan untuk membantu penggunanya mendeteksi penyakit.

Dikutip dari laman resmi Cellscope, telepon ini dapat menangkap dan mengirim gambar sampel medis beresolusi tinggi lewat jaringan telepon. Kualitas  gambar ini diharapkan akan bertambah baik seiring kemajuan teknologi.

 

Para peneliti di laboratorium mekanik seluler di Universitas California – Berkeley telah mengembangkan mikroskop diagnosa berkualitas menggunakan telepon pintar iPhone buatan Apple.  Tetapi teknologi itu akan segera bisa digunakan dengan telepon-telepon lain yang menggunakan sistem Android dan sistem operasi lainnya.

 

Menurut peneliti Eva Schmid, kamera CellScope yang dilengkapi dengan optik pembesar berkualitas tinggi dan layar sentuh berukuran besar, bisa membuat gambar yang kualitasnya menyaingi mikroskop laboratorium yang bagus.

 

Schmid mengatakan, laboratorium Universitas California di Berkeley sedang mengembangkan cara-cara untuk menggunakan lensa-lensa optik telepon pintar tadi guna membantu mendiagnosa penyakit di berbagai belahan dunia, khususnya di tempat sumber tenaga medis terbatas.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement