Senin 31 Dec 2012 09:00 WIB
Kaledioskop 2012 Trentek

Kaleidoskop 2012: Blackberry, Masih di Puncak Tangga

Blackberry
Blackberry

REPUBLIKA.CO.ID,Banjir smartphone dengan sistem operasi Android, rupanya, belum mampu menggoyahkan eksistensi BlackBerry sebagai raja smartphone di Indonesia. Banyak prediksi menyebutkan bahwa BB masih akan mendominasi pasar smartphone di Indonesia hingga tiga tahun ke depan.

Lembaga analisis pasar GFK, menyebutkan bahwa hingga triwulan tiga 2012, sebanyak 4,5 juta BlackBerry terjual di Indonesia. Angka penjualan Blackberry tercatat paling tinggi dibandingkan dengan smartphone lain di Indonesia.

Pertumbuhan penjualan Blackberry tampaknya didorong oleh ketersediaan Blackberry entry level seperti Blackberry 8520 (Gemini), Blackberry 9220 dan Blackberry 9320. Di luar Blackberry GSM, belakangan juga marak blackberry CDMA yang harganya jauh lebih murah.

Blackberry murah telah memberi kontribusi besar bagi pertumbuhan pengguna Blackberry di Indonesia. Di sisi yang lain, munculnya berbagai paket layanan Blackberry Internet Service yang makin terjangkau, ikut 'menjaga' dominasi Blackberry di pasar Indonesia.

Memang dari sisi pengapalan produk, smartphone dengan sistem operasi Android mendominasi pasar. IDC Indonesia, misalnya, mencatat 52 persen ponsel pintar yang dikapalkan ke Indonesia menggunakan sistem operasi Android.

Namun demikian, memperhatikan jumlah pengguna ponsel Android di Indonesia di operator seluler dan CDMA, tahun ini jumlahnya diperkirakan sekitar 3 sampai 3,5 juta. Angka ini, tentu saja dibawah jumlah unit smartphone Android yang dikapalkan ke Indonesia. Dengan kata lain, di pasar Android ada kecenderungan pasokan lebih besar dibandingkan dengan permintaan.

Masih tingginya permintaan akan Blackberry pada dasarnya merefleksikan perilaku konsumen layanan telekomunikasi di Indonesia. Makin populernya jejaring sosial, mendorong publik mencari device yang dinilai nyaman untuk berjejaring sosial ria.  

Di sisi lain menjamurnya komunitas publik--terbentuk karena kesamaan minat, profesi, aktovitas keseharian, serta kebutuhan akan up date informasi juga ikut mempengaruhi pilihan atas suatu gadget. Sejauh ini Blackberry mampu memenuhi kebutuhan itu.

Blackberry messenger (BBM) dan Blackberry Internet Services (BIS) menjadi unggulan Blackberry hingga saat ini dan belum terkalahkan oleh produk lain.

Dari sisi teknis, Blackberry memang berbeda dengan gadget lain. Ia didukung oleh sistem jaringan mandiri yang dimiliki Research in Motion, sehingga proses pengiriman data lebih cepat dengan tingkat keamanan yang tinggi.

RIM juga mengembangkan sistem kompresi data. Ia menawarkan kenyamanan untuk sharing data berkapasitas besar. Kompresi ini juga belum dimiliki sistem operasi lain.

Apa yang dimiliki Blackberry sangat menopang kebutuhan pengguna layanan telekomunikasi di Indonesia yang tengah demam berjejaring sosial atau menggunakan media sosial. Kenyamanan yang ditawarkan Blackberry memang belum tergoyahkan, sekalipun bermunculan smartphone dengan sistem operasi baru.

Blackberry, masih akan menjadi raja.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement