Kamis 27 Dec 2012 23:11 WIB

Satu Juta Malware akan Serang Android

Sistem Operasi Android
Sistem Operasi Android

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Trend Micro, meramalkan sejumlah serangan siber (online) yang akan terjadi sekaligus peningkatan serangannya di dunia pada 2013.

"Ramalan kami tentang serangan ke (perangkat bersistem operasi) Android meleset pada tahun lalu. Tapi pada 2013, kami meramalkan lebih dari satu juta malware akan menyerang Android," kata Manajer Pengembangan Bisnis Trend Micro Indonesia, Aulia Huriadi, di Jakarta, Kamis.

Aulia menyebut sisi keamanan sistem operasi baru Microsoft, Windows 8, masih terbatas hanya untuk pengguna individu atau konsumer dan belum menyasar pengguna korporat.

"Pelaku kejahatan siber terus menggunakan layanan komputasi awan yang sah seperti Dropbox, Pastebin, Google Docs, ataupun blog, Facebook, dan Twitter untuk mengirim script bagi serangan sebelumnya," kata Aulia.

Perkembangan perangkat digital yang semakin merambah ranah individu seperti televisi digital, menurut Aulia, membuka peluang ancaman ke lokasi-lokasi yang tidak terduga.

"Serangan siber dunia juga dengan motif politis akan lebih merusak, seperti Flame atau Stuxnet," kata Aulia.

Trend Micro juga meramalkan aturan hukum terkait pelaku kejahatan siber di berbagai negara akan efektif pada dua hingga tahun mendatang.

Jenis-jenis ancaman siber pada tahun depan pun, lanjut Aulia, akan semakin canggih yang tidak terbatas pada umpan (phishing) dengan worm ataupun pemakaian keylogger untuk mentransfer dana secara otomatis.

Aulia mengatakan Benua Afrika akan menjadi lokasi aman bagi para pelaku kejahatan siber, baik secara maya ataupun fisik, karena mempunyai pipa koneksi Internetnya mencapai lebih dari empat giga bit.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement