Selasa 04 Dec 2012 11:15 WIB

Ribuan Akun Tumblr Dibajak

tumblr
tumblr

REPUBLIKA.CO.ID, Pengguna Tumblr bisa bernafas lega kembali setelah pada Senin(3/12) lalu selama beberapa jam, situs ini sempat dibajak. Pengguna akan otomatis dibajak ketika dia mengunjungi yang salah. Namun kini masalahnya telah dibereskan. 

Sebelum pihak Tumblr menyelesaikan masalah tersebut, terdapat sekitar 1.000 akun yang dibajak. Pembajakan tersebut dilakukan melalui virus yang menyebar ketika pengguna Tumblr mengunjungi laman tautan terinfeksi. Menurut juru bicara Tumblr, kepada NBC News, laman yang terinfeksi tersebut menarik minat pengguna Tumblr untuk membukanya karena diawali dengan kalimat persuasif, seperti “Kepada pengguna Tumblr tersayang”. 

Selain itu, tautan tersebut biasanya menjual tema-tema yang menarik seperti tentang anak-anak emo, bunuh diri, atau kosmetik pemutih. “Bila melihat pesan dan tautan semacam itu jangan dibuka. Bila tidak, anda secara otomatis telah membantu virus tersebut untuk berkembang dan menggandakan diri,” ujarnya. Namun bila tidak sengaka membukanya, pengguna Tumblr diharapkan segera meninggalkan browser yang digunakan untuk mengunjungi Tumblr. 

Pengguna akun Tumblr yang telah terinveksi juga diharapkan mengganti password mereka. Meskipun sebenarnya akun yang terkena virus tidak benar-benar terganggu dan password akun bisa tetap aman. Mengganti password setidaknya bisa menjadi langkah pencegahaan agar virus tersebut tidak datang kembali. 

Juru bicara Daily Dot, situs yang juga terinfeksi virus yang sama, Kevin Morris menjelaskan, kelompok pembajak dipercaya menjadi dalang dalam penyebaran virus ini. Mereka jugalah yang bertanggung jawab dalam menyebarnya sejumlah profil orang terkenal palsu pada baberapa waktu lalu. Pada beberapa minggu lalu, kelompok tersebut mengingatkan Tumblr tentang kerentanan situs blogging ini. Menurutnya, ini adalah isu serius yang perlu diperbaiki. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement