Jumat 30 Nov 2012 20:10 WIB

Monitor Jantung Bayi Kini Bisa Lewat Kaos Kaki

Kaos kaki pemonitor jantung bayi.
Foto: Gizmodo
Kaos kaki pemonitor jantung bayi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar orang tua baru kurang tidur karena sibuk menjaga sang buah hati untuk memastikan kondisinya baik-baik saja.

Namun, kini ada perangkat baru yang membantu orang tua agar dapat beristirahat tenang kala buah hatinya tidur, perangkat itu juga sekaligus membuat kaki sang bayi menjadi hangat.

Tim dari Universitas Brigham, Utah, menciptakan monitor bayi berbentuk kaos kaki. Detak jantung bayi akan dimonitor melalui kaos kaki yang akan menganalisa tingkat oksigen dalam darah dan denyut jantung bayi.

Jika nafas bayi terhenti atau ada perubahan signifikan dari denyut jantung, monitor itu akan membunyikan alarm di ponsel orangtua.

Jacob Colvin dan lima koleganya berharap agar perangkat yang digunakan secara nirkabel dan aman itu dapat mengurangi kasus Sindrom Kematian Mendadak Pada Bayi (SIDS) yang terjadi setidaknya pada 300 bayi di Inggris per tahun.

Colvon mengatakan, "Harapan kami adalah dapat memberikan waktu pada orangtua untuk cepat beraksi dan melakukan sesuatu sebelum semuanya terlambat," kata dia dikutip laman Daily Mail.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement