Selasa 13 Nov 2012 05:53 WIB

Merchant Rakuten Tumbuh 700 Persen

Rakuten Indonesia
Rakuten Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Baru setahun berdiri, laman jual belanja online (e-commerce) Rakuten sudah mendapatkan sambutan positif di Indonesia.

Diawal kehadiran, Rakuten MNC baru memiliki 60 pedagang (merchant) dengan 40 ribu produk. Tahun ini, Rakuten Indonesia sudah memiliki 400 pedagang dengan 300 ribu produk.

"Pertumbuhan kami sangat mengesankan di Indonesia. Jumlah merchant tumbuh tujuh kali lipat dan produk-produk bertambah delapan kali lipat," Presiden Direktur dan Kepala Eksekutif PT. Rakuten MNC Ryota Inaba ketika membuka Rakuten Expo Jakarta di Jakarta pada Senin (12/11).

Inaba mengatakan Rakuten menawarkan model bisnis yang berbeda dengan kompetitor seperti e-bay dan amazon. Rakuten menjembatani antara pedagang dan pembeli bukan sebagai penjual langsung serta menawarkan kemudahan sistem dan keamanan yang solid.

Inaba mengatakan Rakuten tidak memiliki target atau angka transaksi di Indonesia tapi perusahaan akan terus menggandeng mitra-mitra lokal.

Rakuten Indonesia juga akan membantu para pedagang di Indonesia yang akan memasarkan barang dagangannya ke luar negeri seperti Jepang. Produk-produk gadget paling favorit di laman transaksi Rakuten Indonesia, menyusul fashion dan food and beverage.

Berdasarkan jenis kelamin, pelanggan yang paling sering transaksi online adalah laki-laki sebesar 65 persen dan perempuan sebesar 35 persen.

Inaba mengatakan Kalau fashion dan makanan, pelanggan tidak perlu berpikir dua kali untuk membeli produk sedangkan gadget pelanggan harus membandingkan spesifikasi terlebih dahulu. "Gadget adalah best selling, fashion dan food beverage adalah best coming," katanya.

Dalam kesempatan itu, Rakuten, Inc menyelenggarakan Rakuten Expo Jakarta untuk memperkenalkan produk-produk rakuten dan mendekatkan diri ke pelanggan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement