Kamis 08 Nov 2012 10:04 WIB

Google Rayakan 165 Tahun Bram Stoker

Tampilan laman Google
Tampilan laman Google

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Hari ini laman mesin pencari Google merayakan ulang tahun ke-165 Abraham (Bram) Stoker, novelis dan penulis cerita pendek asal Irlandia yang terkenal dengan novel gothic "Dracula."

Laman mesin pencari itu menampilkan ilustrasi hitam putih tentang gambaran tentang drakula pada halaman mukanya.

Stoker lahir pada 8 November 1847 di Dublin. Ayahnya seorang pegawai negeri sipil dan ibunya seorang pekerja amal dan penulis, demikian menurut laman www.bramstoker.org.

Semasa kecil dia sering sakit dan harus menghabiskan waktu di tempat tidur dan sang ibu menceritakan kisah horor yang kemudian mempengaruhi karya-karya Stoker.

Tahun 1864 Stoker belajar di Trinity College Dublin dan mulai bekerja sebagai pegawai pemerintah. Pada masa itu dia juga bekerja paruh waktu sebagai jurnalis dan kritikus drama.

Buku pertamanya "The Duties of Clerks of Petty Sessions in Ireland" yang dia tulis di Dublin terbit tahun 1879.

Stoker yang kemudian pindah ke Inggris bersama istrinya menulis beberapa novel dan cerita pendek. Sebelum meninggal dunia pada 1912 dia menulis 18 buku, namun hanya "Dracula" yang sangat terkenal.

"Dracula" merupakan buku kelima Stoker yang pertama kali diterbitkan di Inggris pada 1897 oleh Archibald Constable and Company of Westminster dan kemudian juga diterbitkan oleh Hutchinson & Co. of London.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement