Kamis 08 Nov 2012 08:38 WIB

Tahun 2020, Indonesia Memasuki Era Zetta Byte

Avnet Data Center
Avnet Data Center

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tren industri penyimpanan data digital atau data komputer pada 2013 akan mengarah pada agility berupa peningkatan ruang penyimpanan ke atas (scale up) atau peningkatan ke luar (scale-out) seiring dengan pertumbuhan penyimpanan data.

"Pertumbuhan data digital pada 2020 akan mencapai satuan zettabyte," kata Country Manager NetApp untuk Indonesia, Steven Law, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu malam.

Satuan zettabyte (ZB) merupakan tingkatan satuan bit data dengan pangkat 21 atau empat tingkat di atas gigabyte (GB).

Steven memperkirakan satuan terabyte tidak akan dipakai lagi dalam tren penyimpanan data pada tiga hingga empat tahun mendatang. "Selain agility, big data juga masih akan mempengaruhi tren penyimpanan data pada tahun-tahun depan," katanya.

Big data, dalam pemahaman Steven, merupakan data-data digital dengan jumlah melimpah dan tidak terstruktur seperti penyimpanan hasil rekaman kamera closed-circuit television (CCTV) ataupun arsip digital layanan kesehatan.

Dalam mengelola data yang melimpah, lanjut Steven, pemilik data perlu membedakan teknologi penyimpanan bagi data-data yang masih diperlukan dengan data-data yang sudah jarang digunakan.

"Jika data-data transaksi lima tahun lalu misalnya, apakah harus disimpan dengan SSD (solid-state drive) yang membutuhkan biaya mahal atau hanya perlu di harddisk ATA?" katanya.

Steven menambahkan pertumbuhan industri penyimpanan data digital di Indonesia diperkirakan mencapai 30 persen pada 2013.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement