Selasa 06 Nov 2012 16:12 WIB

Smartphone Android Banyak Digunakan untuk Chat dan Social Media

Sistem Operasi Android
Sistem Operasi Android

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sekalipun terjadi pertumbuhan yang signifikan pada pengguna smartphone Android di Indonesia, namun pemanfaatan smartphone masih belum optimal. Pasalnya, mayoritas pengguna smartphone Android menggunakannnya untuk chat dan social media.

''80 persen pengguna smartphone Android menggunakan devicenya untuk chat dan social media,'' kata Group Head Strategic Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani, di Jakarta, Selasa (6/11). Pola serupa terjadi pada smartphone Blackberry.

Namun demikian, dari sisi penggunaan device untuk browsing dan streaming, penggunaan device Android lebih besar dibandingkan Blackberry. ''20 persen pengguna smartphone Android menggunakan untuk browsing dan streaming,'' kata Ririn.

Saat ini ada sekitar 2 juta pelanggan Telkomsel yang menggunakan smartphone atau tablet berbasis Android. Telkomsel sendiri tengah mengincar pertumbuhan pengguna device ini hingga 200 persen. '' Harapan kami, tahun depan ada 6 juta pengguna smartphone atau tablet berbasis Android,'' kata Ririn.

Telkomsel, kata Ririn, juga mendorong para pengguna fitur phone beralih ke smartphone. ''Ada sekitar 18 juta pelanggan Telkomsel menggunakan smartphone, kami berharap ada pertumbuhan pengguna smartphone hingga 20 persen,'' kata Ririn.

Peralihan dari fitur phone ke smartphone disebut Ririn mampu menengkatkan average rate per usage (ARPU) atau rata-rata penggunaan bulanan hingga 23 persen. ''Peralihan ke smartphone tidak hanya meningkatkan penggunaan data, namun juga layanan lain seperti voice,'' kata Ririn.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement