Kamis 01 Nov 2012 17:54 WIB

eCommerce di Indonesia Fenomena Gunung Es

Blibli.com
Blibli.com

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Diperlukan suatu pemetaan bisnis eCommerce di Indonesia, agar layanan baru ini bisa tumbuh dan berkembang dengan optmimal. eCommerce di Indonesia merupakan fenomena gunung es.

''Banyak kalangan menyebut eCommerce adalah model bisnis baru tapi nyatanya model bisnis ini sudah hadir dan telah dilirik pelaku bisnis baik korporat, kelompok komunitas hingga individu sejak lama,'' kata CEO www.pricearea.com, Andry Suhaili.

Namun demikian, keberadaan eCommerce masih menghadapi berbagai kendala. belum hadirnya momen yang pas dan kultur masyarakat yang masih kental dengan model bisnis konvensional adalah salah satu kendala. ''Belum lagi dengan infrastruktur teknologi yang belum siap, alhasil, ecommerce seperti fenomena gunung es yang siap mencair,'' kata Suhaili.

Gunung es tersebut bakal mencair dengan cepat dan bisa dirasakan oleh semua kalangan. Hingga sangat perlu adanya sebuah pemetaan guna mengarahkan lahar dingin bisnis ecommerce yang mencair deras.

Prospek eCommerce di Indonesia dibenarkan Hilal Achmad selaku Head of Digital Marketing Bakrie Telecom. "Tingginya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia baik melalui desktop maupun smartphone dan munculnya budaya online shopping membuat BTEL percaya bahwa ecommerce merupakan salah satu strategi tepat untuk mendorong pertumbuhan di masa mendatang," tutur Hilal.

Priceria, kata Suhaili, merintis pemetaan bisnis eCommerce melalui ITEC (Indonesia Top Ecommerce). Melalui wadah ini diharapkan pemetaan bisnis ecommerce di Indonesia terbentuk guna menyatukan seluruh elemen dan memberikan solusi positif.

ITEC merupakan pagelaran tahunan industri ecommerce yang menampilkan berbagai keunggulan situs ecommerce tanah air terpilih. " Aada 30 kandidat terpilih dari 80 ribu merchant lokal aktif di tahapan seleksi awal," ujar Andry Suhaili yang juga Founder PriceArea.com.

ITEC kemudian memberikan penghargaan terhadap situs ecommerce terpilih. Yakni Best User Interface: Tokobagus.com, Best Ecommerce Solution : CHAT.co.id, Best B2C : Glodokshop.com

Best Social Media Campaign : Blibli.com, Best eFashion : PinkEmma.com dan Best Small Medium Enterprise : Bebitang.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement