REPUBLIKA.CO.ID,XL Axiata meluncurkan dua layanan value addes services (VAS) yang baru, yakni Status RBT dan XpressMe.
Status RBT merupakan layanan baru yang berbeda dengan RBT musik. Bila pada RBT music pelanggan hanya bisa memilih lagu-lagu, pada Status RBT, pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dimana pelanggan bisa menunjukkan mood/aktivitas mereka sebagai status di RBT nya.
Konten untuk Status RBT sendiri cukup beragam. Selain mengaktifkan content status RBT yang disediakan oleh partner content provider/record label, pelanggan dimungkinkan untuk membuat sendiri RBT-nya dengan mudah, hanya dengan menelpon ke nomor tertentu dan merekam status RBT nya.
''Untuk layanan Status RBT panjang rekaman maksimal 15 detik,'' kata GM Content and Application, Revie Sylviana. Dengan berlangganan status RBT, kata Revie, pelanggan bebas untuk update atau gonta-ganti status melalui layanan Status RBT, tanpa dikenakan biaya tambahan selain biaya berlangganan.
Status yang diupdate menjadi status RBT langsung aktif setelah pelanggan memilih/membuat status yang mereka inginkan. Pelanggan juga bisa memiliki status RBT dari artist-artis terkemuka seperti Syahrini,Last Child,Pasha Ungu, yang seolah - olah bisa menjadi personal assistant yang akan memberitahukan tentang mood/status/aktivitas mereka saat itu.
Pelanggan akan dikutip biaya langganan Rp 2.500 untuk 30 hari. ''Bila ingin mingguan cukup bayar Rp 700 dan Rp 500 untuk dua hari,'' kata Revie. Sekalipun ebelum dirilis resmi ada sekitar 20 ribu pelanggan yang telah menggunakan layanan ini.
Layanan VAS yang terbaru lainnya adalah XpressMe. Layanan ini bisa digunakan oleh seluruh pelanggan XL untuk mempersonalisasi caller ID yang akan muncul ke nomor XL lain yang di telpon. ''Misalnya, muncul tulisan 'Angkat Cyyn telponnya, ciyuus de. Eyke butuh curhat cyyn','' kata Revie member contoh.
XL XpressMe membidik anak muda yang bersifat ekspresif dinamis dan dinilai cocok dengan layanan ini dan juga segmen korporat seperti retail banking, insurance, termasuk public service . Karena layanan ini juga bisa digunakan segmen korporat.
Layanan XpressMe bisa dilakukan dari segala tipe ponsel apapun, baik feature phones maupun smartphones. ''Layanan ini cukup populer di Korea Selatan. Kami berharap layanan serupa juga popular di Indonesia,'' kata Revie.
Untuk layanan XpressMe, karakter dibatasi maksimal 138 karakter. Pelanggan dikutip Rp 5.000 untuk penggunaan 30 hari, 1.500 untuk tujuh hari dan satu hari Rp 300,-