Rabu 17 Oct 2012 20:42 WIB

Intel Indonesia: PC Belum Berakhir

Pameran komputer
Foto: Edy Yusuf/Republika
Pameran komputer

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Intel Indonesia Corporation menyebut penggunaan komputer personal (PC) seperti laptop dan komputer meja belum berakhir meskipun pangsa pasar perangkat tablet terus meningkat.

"PC akan tetap dibutuhkan terkait kemampuan kerja dan perlindungan terhadap penggunanya," kata Country Manager Intel Indonesia Corporation, Santosh Viswanathan, selepas jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Pada awal September, perusahaan riset International Data Corporation (IDC) memperkirakan pasar tablet pada 2012 mencapai 117,1 juta unit secara global dengan lonjakan permintaan pada kuartal keempat.

Jumlah pasar tablet itu akan mencapai 142,8 juta unit hingga 165,9 juta unit pada 2013 dan mencapai 261,4 juta unit 2016.

"Apple akan memimpin pasar tablet dengan iPad. Tapi, kami percaya masih ada ruang bagi produsen lain baik berbasis Android ataupun Windows di pasar," kata Direktur Riset Mobile Connected Devices IDC, Tom Mainelli.

Viswanathan mengatakan Intel akan menghadirkan 40 desain Ultrabook berlayar sentuh pada akhir 2012 guna menghadapi perkembangan perangkat tablet.

"Dalam beberapa bulan nanti, harga laptop berlayar sentuh dengan desain 'clamshell' (kerang) akan berada di bawah 500 dollar AS (sekitar Rp4,7 juta)," kata Viswanathan tentang pencantuman harga laptop bersistem operasi Windows 8.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement