Rabu 17 Oct 2012 14:32 WIB

Planet Mirip Bumi Masih Mustahil Dijangkau

Ilustrasi.
Foto: Nasaimages
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para astronom memang telah menemukan sebuah planet asing baru (mirip Bumi) di "halaman belakang" sistem Tata Surya di mana Bumi menjadi anggotanya. Namun manusia belum bisa segera menjelajahinya. 

"Dunia yang baru ditemukan itu masih terlalu jauh untuk dikunjungi wahana-wahana ruang angkasa jika menggunakan teknologi seperti saat ini ada," kata para pakar seperti dikutip space.com.

Selasa kemarin (16/10) para peneliti mengumumkan telah menemukan sebuah planet asing nan panas bernama Alpha Centauri Bb yang massanya seberat Bumi dan terletak pada sistem tiga bintang Alpha Centauri. 

Tidak ada bintang yang sedekat Matahari kecuali trio Alpha Centauri ini, tapi walau disebut paling dekat tetaplah jarak tiga bintang ini ke Bumi jauh sekali untuk ukuran sekarang karena letaknya sekitar 4,3 tahun cahaya.

Jarak sejauh ini membuat tampak detail dari planet mirip Bumi ini mustahil bisa didapat di masa sekarang.

"Sebuah misi eksoplanet robotik yang diluncurkan hari ini akan membutuhkan waktu 40.000 tahun untuk mencapai Alpha Centauri," kata Greg Laughlin, astronom pada Universitas California di  Santa Cruz seperti dikutip space.com.

Oleh karena itu, sambung Luaghlin, untuk sekarang ini mustahil bisa mencapai planet mirip Bumi tersebut.

Namun Laughlin menegaskan bahwa skenario itu bisa berubah jika para ilmuwan menciptakan penemuan-penemuan menarik dalam sistem Alpha Centauri.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement