Selasa 09 Oct 2012 19:56 WIB

Ini Dia Empat Tren Teknologi

cloud computing
cloud computing

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ada empat kunci yang menjadi tren teknologi saat ini yaitu teknologi mobile, komputasi awan, data sosial dan ledakan data. Perusahaan teknologi di Indonesia harus memanfaatkan tren itu untuk menggenjot pendapatan perusahaan.

"Saat ini ada empat kekuatan bisnis yang harus dimanfaatkan yaitu teknologi mobile, cloud computing, social data dan ledakan data," kata Presiden Direktur Fujitsu Indonesia Achmad Sofwan ketika menggelar jumpa media dalam rangka "Fujitsu Day" di Jakarta pada Selasa (8/10).

Achmad mengatakan saat ini hampir setiap orang memiliki perangkat mobile dari lapisan bawah - atas dan harga perangkat mobile sangat murah.

Saat ini ada 200 juta pengguna yang memiliki ponsel dan 20 - 30 persennya bisa terhubung mobile. "Terakhir jumlah pengguna operator Telkomsel mencapai 250 juta dan begitu mudah orang mendapatkan perangkat mobile," katanya.

Layanan komputasi awan menawarkan berbagai manfaat kepada perusahaan tanpa harus mengeluarkan investasi besar seperti penyedia infrastruktur. Nantinya, perusahaan ketiga yang akan menyediakan infrastruktur dan perusahaan tinggal membayar beban biaya.

Ketiga, saat ini muncul berbagai banyak media sosial seperti Facebook Twitter. Hampir, setiap pengguna di Indonesia dan dunia memiliki akun jejaring sosial untuk saling berkomunikasi, mentransfer data dan mengunggah data.

Keempat, ledakan data atau banyak sekali kapasitas dan bandwith data yang digunakan masyarakat. Pada 2012, ada sekita 2.7 ZB (zetta byte)data dan diprediksi ada 8 ZB pada 2015.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement