Kamis 04 Oct 2012 07:13 WIB

Trend Micro Temukan Empat Malware Mendompleng Pemilu AS

obama vs
Foto: telegraf.co.uk
obama vs

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Trend Micro menemukan empat aplikasi Android di Google Play dan beberapa aplikasi dari pihak ketiga yang diperkirakan malware.

Aplikasi itu, saat diinstal akan mengarahkan akses informasi pada perangkat tertentu yang dapat digunakan tanpa persetujuan/ijin pengguna dan memungkinkan adanya penyalahgunaan data. Salah satu dari empat aplikasi ini sudah dihapus dari Google Play.

Aplikasi yang ditemukan Trend Micro tampaknya memanfaatkan momentum Pemilu AS yang akan diikuti dua kandidat, Mitt Romney dan Barack Obama. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis.

Aplikasi pertama bernama Obama vs Romney. Ia merupakan sebuah varian ANDROIDOS_AIRPUSH yang terkoneki ke airpush.com. Airpush.com sendiri dikenal sebagai situs jaringan iklan mobile. Bukan informasi soal pemilu yang akan diperoleh, tetapi iklan.

Aplikasi ini diperkirakan sudah diunduh lebih dari 300 kali dari pihak ketiga dan diperkirakan telah diunduh  sekitar 500-100 kali dari Google Play.

Aplikasi ini dirancang sebagai layanan polling sehingga pengguna dapat memilih diantara dua kandidat. Hal ini bertujuan agar dapat menampilkan hasil poling secara keseluruhan secara cepat.

Namun dari hasil pengujian, aplikasi bukan polling saja. Karena saat di klik muncul iklan dari airpush.com. Pada aplikasi ini juga terdapat  ACCESS_COARSE_LOCATION yang dapat mengakses informasi, termasuk melalui perangkat pendeteksi lokasi GPS.

Malware lain yang terdeteksi adalah Captain America Barack Obama 1.0. Ia terdeteksi sebagai varian ANDROIDOS_ADWLEADBOLT. Aplikasi ini menyediakan wall paper 3D dan bendera AS. Google telah menghapus aplikasi ini

Aplikasi kedua memiliki kemiripan dengan aplikasi "Obama vs Romney". Aplikasi ini berasal dari  ACCESS_COARSE_LOCATION, ACCESS_COARSE_LOCATION dan izin lainnya untuk mendapatkan akses informasi lokasi pada perangkat GPS, CellID, dan lokasi Wi-fi.

Setelah instalasi, varian ini akan menciptakan shortcut pada perangkat di halaman homescreen. Sampai saat ini, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 720 kali dari aplikasi store pihak ketiga.

Dua aplikasi lainnya  "Barack Obama Campaign LWP 1" dan "Mitt Romney Live Wallpaper 1" (keduanya terdeteksi sebagai varian ANDROIDOS_ADWLEADBOLT). Kedua aplikasi ini juga termasuk  ACCESS_FINE_LOCATION dan ACCESS_COARSE_LOCATION.

Ia menampilkan iklan pada perangkat mereka. Pengguna dapat mencegah tampilan iklan dengan melakukan klik pada URL tertentu dan memberikan informasi tertentu seperti International Mobile Equipment Identity  (IMEI) dan jenis perangkat ke situs tersebut. Namun, ada kemungkinan bahwa pengguna tidak akan memperhatikan hal ini dan memilih untuk menerima iklan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement