Selasa 18 Sep 2012 19:39 WIB

Telkomsel Berharap Bisa Layani 70 Persen Jamaah Haji

Petugas posko haji Telkomsel memberikan layanan di Masjidil Haram, Makkah
Foto: taufik rachman
Petugas posko haji Telkomsel memberikan layanan di Masjidil Haram, Makkah

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR--Cakupan layanan Telkomsel Branch cabang Makassar, diharapkan dapat melayani sekitar 70 hingga 90 persen calon haji (calhaj) Embarkasi Makassar pada musim haji 2012.

"Kita harapkan untuk tahun ini bisa melayani 70 persen calhaj seluruh Indonesia. Di Embarkasi Makassar kita targetkan 80 hingga 90 persen," kata Head of CSC Telkomsel Branch Makassar Section Harnanda Budiman di Makassar, Selasa.

Pihaknya juga telah melakukan sejumlah persiapan untuk mendukung kelancaraan pelaksanaan haji tahun ini. Selain persiapan jaringan komunikasi, sebelumnya, pihaknya juga telah ikut mendukung penyelenggaraan manasik haji di Mesjid Raya, Makassar.

Ia mengharapkan, para calhaj yang menggunakan layanan komunikasi Telkomsel, ketika tiba di Arab Saudi langsung melakukan pengaturan untuk menggunakan jaringan komunikasi operator telekomunikasi lokal Zain.

"Untuk jaringannya kita sudah siapkan semuanya. Kita kerja sama dengan operator Zain. Diharapkan calhaj ketika tiba di Arab Saudi, langsung 'setting' ke Zain supaya mendapatkan tarif-tarif murah yang berlaku," jelasnya.

Ia menambahkan, Telkomsel pusat telah menyiapkan dua posko haji yakni di Mekkah dan Madinah yang masing-masing dijaga oleh 20 orang tenaga untuk melayani para calhaj seperti mengisi pulsa atau mengganti kartu.

Pihaknya menawarkan, tarif pengiriman pesan singkat (SMS) senilai Rp500, menerima telepon Rp3.000 dan melakukan panggilan telepon senilai Rp5.000 per menit. "Memang tarifnya kompetitif dibandingkan menggunakan kartu di sana," katanya.

Embarkasi Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar tahun ini akan memberangkatkan 14.990 calhaj dari Provinsi Sulsel, Gorontalo 891 calhaj, Sulawesi Tenggara 1.683, Maluku 710, Maluku Utara 1.065, Sulawesi Barat 1.445, Papua 1.065 dan Papua Barat 710 calhaj yang terdiri atas 40 kloter.

Proses pemberangkatan calhaj dijadwalkan berlangsung selama 30 hari, mulai 21 September 2012 hingga 14 Oktober 2012 dengan dua gelombang. Kloter I dijadwalkan mulai masuk Asrama Haji Sudiang Makassar pada 20 September 2012 pukul 07.00 Wita.

Mereka yang akan diberangkatkan adalah rombongan asal Kota Makassar sebanyak 375 orang termasuk lima orang petugas kloter.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement