Selasa 11 Sep 2012 20:26 WIB

Dukung Sail Morotai, Telkomsel Lakukan Optimalisasi Jaringan

Combat Telkomsel
Foto: telkomsel
Combat Telkomsel

REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR--Telkomsel Regional Sulawesi, Maluku, Papua melakukan optimalisasi jaringan untuk memaksimalkan kualitas layanan komunikasi pada penyelenggaraan Sail Morotai, 11-15 September 2012.

Head of ICT and Network Operation Pamasuka Group, Andrias Indra di Makassar, Selasa menjelaskan, optimalisasi jaringan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan satu-satunya operator seluler yang melayani wilayah paling utara Kepulauan Halmahera tersebut.

Menurut dia, telah dibangun satu unit pemancar ringkas untuk meningkatkan kualitas sinyal di pusat pelaksanaan Sail Morotai yakni daerah Pantai Juanga. Daerah ini akan menjadi pusat konsentrasi massa yang cukup besar.

"Kami juga melakukan instalasi unit-unit BTS (Base Tranciever Station) indoor yang dapat memenuhi kebutuhan sinyal dalam ruangan, instalasi perangkat GSM, DCS dan 3G di setiap BTS yang ada. Serta memasang unit penguat sinyal di lokasi-lokasi yang penerimaannya rendah," jelasnya.

Untuk melayani daerah Bandar Udara Pitu yang menjadi gerbang kedatangan para tamu ke pulau ini, pihaknya menurunkan satu unit BTS bergerak, COMBAT (Compact Mobile Tranciever).

Unit tersebut sekaligus akan memperkuat kualitas jaringan untuk voice dan data di sekitar bandara hingga ke Tugu Trikora yang nantinya akan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhono.

"Kapasitas di Daruba kini meningkat menjadi empat kali lipat dibanding kondisi sebelumnya, sementara kapasitas di outer city naik dua kali lipat. Jika dilihat dari rata-rata panggilan per pelanggan, maka total site Daruba yang awalnya mampu melayani 6.000 pelanggan, kini mampu tetap stabil saat digunakan oleh 21.000 pelanggan," jelasnya.

Akses data pun ditingkatkan hingga 125 kali lebih cepat, dari 40 kbps menjadi 512 kbps. Apabila menggunakan full IP, kemampuan akses data node B Daruba bisa mencapai 14.4 Mbps downlink dan dua Mbps uplink.

Karena posisi kota Daruba terletak di wilayah pesisir pulau Morotai, maka kenyamanan berkomunikasi seluler sebagai dampak optimalisasi jaringan, tidak hanya dirasakan oleh pelanggan di wilayah daratan.

Saat berada di lautan hingga sejauh tiga kilometer dari garis pantai, jaringan masih dapat dinikmati dengan baik. Peningkatan kualitas jaringan seluler dilakukan tidak hanya untuk kebutuhan mendukung acara Sail Morotai 2012. Hampir sebagian besar wilayah Maluku Utara mendapat bagian optimalisasi.

Beberapa titik diantaranya tersebar di jalur transportasi darat pulau Halmahera, dari Tobelo hingga Sofifi. Bahkan Ternate juga tak luput dari perhatian untuk mendapatkan perbaikan jaringan.

Khusus di Pulau Morotai, Telkomsel telah melayani masyarakat sejak November 2004 di kota Daruba. Kemudian memperluas jaringan lagi pada Maret 2010 hingga ke daerah Bere-Bere.

Hingga posisi per Akhir Agustus 2012 Telkomsel telah membangun sekitar 140 Unit BTS se Maluku Utara.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement