Kamis 30 Aug 2012 13:39 WIB

Curiosity Menuju Target Pertamanya di Mars, 'Glenelg'

Citra yang dikirim Curiosity dari permukaan Mars
Foto: NASA
Citra yang dikirim Curiosity dari permukaan Mars

REPUBLIKA.CO.ID, Jalur perjalanan Curiosity telah dibuat di permukaan Mars. Curiosity telah meninggalkan titik pendaratannya di 'Landing Bradbury' dan mulai bergerak multiarah ke timur untuk mendekati target pertamanya yang disebut 'Glenelg'.

'Glenelg' sendiri terletak sekitar 400 meter dari Curiosity yang sudah melaju 16 meter hingga hari Selasa (28/8) sejak misi pertama seperti dilansir universetoday.

Tim sains NASA memilih 'Glenelg' sebagai terget pertama untuk penyelidikan lebih dalam karena terletak di persimpangan tiga jenis medan geologi. Di medan itu tim peneliti berkesempatan mendapatkan tampilan yang jauh lebih komprehensif pada keanekaragaman geologi di Kawah Gale.

"Kami sedang dalam misi menuju target pertama kami, 'Glenelg' dan sejauh ini semua nampak sempurna terutama kecocokan roda kami dengan tanah Mars," ujar Manajer Misi Arthur Amador. "Curiosity melaju dengan indah seperti rancangan yang telah kami buat," imbuhnya.

Ditargetkan dalam satu tahun Curiosity akan mencapai Gunung Sharp sebagai tujuan utamanya. Curiosity akan memanjat sisi gunung sedalam 5,5 kilometer dan berusaha menjadi mineral terhidrasi yang akan menjelaskan tentang apakah air pernah ada di Mars atau tidak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement