Kamis 23 Aug 2012 20:06 WIB

Indosat Klaim Mampu Atasi Lonjakan Trafik

Kartu Indosat
Foto: indosat.com
Kartu Indosat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Operator telekomunikasi Indosat mengklaim mampu mengatasi lonjakan trafik telekomunikasi selama musim mudik dan libur lebaran 2012 baik dari sisi layanan suara, SMS, maupun data.

"Masa-masa kenaikan trafik berkomunikasi yang cukup tinggi, baik suara, SMS dan data, dapat diantisipasi dan dikontrol dengan baik berkat berbagai kesiapan jaringan," kata Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto, di Jakarta, Kamis.

Pihaknya mengoperasikan pusat pemantauan jaringan yaitu Command Center selama H-3 dan H+2, serta berbagai pusat dan titik layanan pelanggan, sehingga pelanggan dapat mendapatkan berbagai solusi layanan dengan mudah baik di jalur mudik maupun daerah-daerah tujuan mudik.

Ia mengatakan, kesiapan jaringan dilakukan dengan meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 924 juta menit/hari, peningkatan sebesar 140,6 persen dibanding trafik regular hari biasa.

Untuk SMS, operator itu meningkatkan kapasitas menjadi 1,4 miliar SMS/hari, yakni peningkatan sebesar 62,41 persen dibanding trafik regular hari biasa, sementara untuk data, pihaknya meningkatkan kapasitas menjadi 120 terabyte/hari, yakni peningkatan sebesar 197,5 persen dibanding trafik regular hari biasa.

"Kenyamanan dan kelancaran berkomunikasi selama masa mudik pelanggan menjadi perhatian kami setiap tahun. Kenaikan trafik yang selalu terjadi setiap tahun memberikan pengalaman bagi kami untuk bisa mengantisipasi dan mempersiapkan jaringan dan layanan menjadi semakin baik bagi pelanggan sehingga mereka tetap dapat menikmati layanan berkualitas," katanya.

Ia menegaskan, secara umum kenaikan trafik telekomunikasi terjadi di semua jenis layanan baik layanan suara, SMS maupun data dengan trafik data yang meningkat dengan pesat.

"Trafik data sendiri mengalami puncak kenaikan pada hari H-1 yang meningkat menjadi 44,58 terabyte/hari atau melonjak 30,24 persen dibanding trafik data regular sebelum Ramadhan yaitu pada Juni 2012. Bila dibandingkan dengan musim Lebaran tahun lalu pada hari yang sama, secara keseluruhan trafik data mengalami kenaikan sebesar 59,97 persen," katanya.

Lonjakan lainnya terjadi pada layanan SMS di mana kenaikan tertinggi terjadi pada hari H-1 yang meningkat menjadi 1,025 juta SMS atau naik sebesar 32 persen dibanding trafik SMS regular sebelum Ramadhan yaitu pada Juni 2012.

Sementara bila dibandingkan dengan trafik pada hari yang sama Lebaran tahun sebelumnya, mengalami peningkatan sebesar 14 persen.

Untuk suara, kenaikan trafik suara tertinggi terjadi pada H yang meningkat menjadi 410,37 juta menit atau naik sebesar 23,3 persen dibanding trafik suara regular sebelum Ramadhan yaitu pada Juni 2012. Secara keseluruhan trafik suara meningkat menjadi 12,31 persen dibandingkan dengan trafik suara pada hari yang sama Lebaran tahun sebelumnya.

"Tingkat keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan kami mencapai lebih dari 96 persen dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 94 persen yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS baik internal di jaringan maupun eksternal ke operator lain. Sementara tingkat keberhasilan panggilan suara mencapai 94,5 persen dan data mencapai 99 persen," katanya.

Menurut dia, walaupun kenaikan trafik terjadi di semua wilayah atau daerah tujuan mudik, namun khusus trafik suara, kenaikan tertinggi terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, sedangkan daerah Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera Selatan merupakan wilayah yang mengalami kenaikan trafik SMS tertinggi.

"Keberhasilan kami melewati masa sibuk trafik telekomunikasi ini juga tidak lepas dari dukungan SDM yang berada di tim jaringan dengan pemantauan performansi jaringan melalui Command Center Lebaran 2012 sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara Nasional, yang mulai beroperasi mulai 16 - 21 Agustus 2012, beroperasi selama 24 jam penuh," demikian Adrian Prasanto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement