Rabu 22 Aug 2012 19:41 WIB

Telkomsel Sukses Antisipasi Lonjakan Trafik Komunikasi Lebaran

 Salah satu BTS satelit Telkomsel di Jawa Timur.
Foto: Antara/Eric Ireng
Salah satu BTS satelit Telkomsel di Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Telkomsel telah sukses mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi pelanggannya pada hari puncak libur Lebaran atau Idul Fitri 1433 Hijriah pada Ahad, (19/8).

"Kondisi jaringan Telkomsel pada saat puncak lonjakan trafik komunikasi atau hari H Idul Fitri terpantau optimal melayani kebutuhan pelanggan," kata POH Head of Corporate Communications Telkomsel, Ricardo Indra, dalam keterangan persnya, Rabu (22/8).

Ia menjelaskan, dari pemantauan terjadi kenaikan trafik layanan data atau broadband hingga lebih dari 55 persen atau mencapai 157 terabyte dan layanan BlackBerry melonjak signifikan hingga 226 persen dibanding Idul Fitri tahun lalu atau mencapai lebih dari 7,5 Gbps.

"Lonjakan tinggi juga terjadi pada layanan MMS hingga lebih dari 169 persen dengan jumlah MMS yang terkirim lebih dari 3,23 juta MMS," kata dia.

Sementara untuk layanan SMS dan voice, kata Ricardo, juga meningkat mencapai lebih dari 1,12 milyar SMS terkirim (kenaikan sebesar 25 pesen dibanding hari normal) dan 1,28 milyar menit suara terhubung (kenaikan 24 persen dibanding Lebaran sebelumnya).

"Kualitas seluruh layanan baik voice, SMS, MMS hingga data tercatat menunjukan performansi yang sangat baik," ujarnya.

Menuirut dia, hingga H+1 Idul Fitri konsentrasi peningkatan trafik komunikasi Telkomsel khususnya trafik layanan voice atau suara terjadi di wilayah Sumatera Barat (Padang, Pariaman, Bukit Tinggi) dengan lonjakan trafik hingga 72 persen dari hari normal. "Untuk trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah Jawa Timur dengan lonjakan trafik hingga lebih dari 154 persen dari hari normal," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement