Rabu 08 Aug 2012 07:24 WIB

Usai Lebaran, Digelar Lagi Uji Statik Roket

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: Dewi Mardiani
Persiapan uji statik Roket RX 550 sebelumnya.
Foto: beritahankam.blogspot.com
Persiapan uji statik Roket RX 550 sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkait dengan peluncuran Roket RX-550, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Bambang Tedjasukmana, mengatakan usai Lebaran, sekitar akhir Agustus hingga September pihaknya akan melakukan uji statik roket RX-550. Uji statik ini adalah yang kedua kalinya.

"Uji statik roket yang pertama sudah dilaksanakan sebelumnya. Uji roket yang kedua ini merupakan uji di darat untuk mengetahui kinerjanya seperti bagaimana kemampuan daya dorongnya saat akan tinggal landas dan juga kemulusannya saat dinyalakan," katanya, beberapa waktu lalu.

Setelah uji statik bisa dilalui, terang Bambang, maka Roket RX-550 akan diuji penerbangannya, sehingga roket ini bisa diluncurkan. Dalam peluncuran roket tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan Pemda Morotai, Maluku Utara.

Nanti, kata dia, Roket RX-550 akan diluncurkan  dari Morotai yang lokasinya sangat bagus untuk peluncuran roket. Morotai itu letaknya langsung menghadap ke arah Samudera Pasifik, sehingga roket ini bisa langsung dilepas di atas samudra Pasifik untuk keperluan pengukuran atmosfer. “Kami harap peluncuran Roket RX-550 ini ke depannya berjalan lancar,” terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement