Selasa 07 Aug 2012 20:51 WIB

Kominfo Niat Dongkrak Pengguna Internet Jadi 80 Juta

Tifatul Sembiring
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Tifatul Sembiring

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan jumlah pengguna internet di Indonesia bisa meningkat dari sekitar 50 juta pada saat ini, menjadi 80 juta orang pada 2014.

Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring kepada wartawan di Surabaya, Selasa (7/8) mengatakan, pihaknya terus berupaya memenuhi sarana dan prasarana telekomunikasi di berbagai daerah untuk menunjang penetrasi akses internet. 

"Selain dikerjakan Kementerian Kominfo, kami juga mengajak pihak swasta untuk membantu menyediakan fasilitas telekomunikasi dan akses internet bagi masyarakat," katanya. 

Tifatul menjelaskan, Indonesia merupakan salah satu negara yang ikut menandatangani deklarasi "World Summit on Information Society" (WSIS) pada tahun 2003. Dalam deklarasi WSIS itu disebutkan bahwa hingga tahun 2015, sebanyak 50 persen penduduk dunia harus memiliki akses terhadap informasi (dalam hal ini akses internet).

"Soal akses informasi, pemerintah melalui program desa berdering sudah membangun jaringan yang menjangkau lebih dari 50 persen wilayah perdesaan. Dalam hal ini kami juga melibatkan pihak swasta," tambahnya. Selain itu, lanjut Tifatul, hingga kini cakupan jaringan telekomunikasi seluler dari berbagai operator sudah menjangkau sekitar 94 persen populasi penduduk Indonesia.

Kementerian Kominfo juga telah membentuk relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di berbagai provinsi untuk mendukung program percepatan penetrasi internet di masyarakat. "Dengan jaringan telekomunikasi yang sudah terbangun di hampir seluruh wilayah, kami berharap penetrasi pengguna internet bisa terus meningkat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement