REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Indosat memperkuat dan mempersiapkan jaringannya menghadapi peningkatan trafik pada Ramadhan dan Lebaran tahun ini.
"Kami telah meningkatkan kapasitas jaringan telekomunikasi dimana Secara nasional, kami telah meningkatkan kapasitas trafik suara menjadi 924 juta menit/hari, peningkatan sebesar 140,6 persen dibanding trafik regular hari biasa," kata Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto, di Jakarta, Senin.
Untuk SMS, pihaknya meningkatkan kapasitas menjadi 1,4 Miliar SMS/hari, yakni peningkatan sebesar 62,41 persen dibanding trafik regular hari biasa, sementara untuk data, operator itu meningkatkan kapasitas menjadi 120 Terabyte/hari.
"Itu berarti peningkatan sebesar 197,5 persen dibanding trafik regular hari biasa. Secara nasional, hingga kwartal pertama 2012, kami melayani lebih dari 50 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 18.408," katanya.
Pihaknya juga melakukan pemantauan stabilitas dan kualitas jaringannya secara nasional melalui fasilitas Single Network Operation Center (SNOC) yang telah hadir sejak 2004.
Pada 2010, SNOC menempati lokasi tersendiri di Serpong, Tangerang - Banten, dan menjadi pusat pemantauan jaringan terintegrasi untuk seluruh layanan Indosat baik seluler, SLI dan jaringan transmisi.
Menurut dia SNOC akan memantau dengan cermat bila terjadi gangguan jaringan dan sinyal di wilayah seluruh Indonesia, untuk selanjutnya dieskalasi dan diselesaikan dengan cepat sehingga pelanggan tidak terganggu dalam menggunakan layanan Indosat.
"Khusus selama masa Mudik Lebaran, SNOC akan mendukung pusat pemantauan performansi jaringan di Command Centre yang akan beroperasi sejak H-3 hingga H+3 Lebaran," katanya.
Khususnya menjelang Lebaran atau H-3, setiap tahun operator itu membentuk tim internal yaitu Indosat Command Centre yang berfungsi sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara nasional khusus selama Lebaran.
Command Centre beroperasi 24 jam penuh memantau dan mengontrol performansi jaringan Lebaran selama musim mudik secara nasional, sehingga setiap gangguan sekecil apapun langsung terpantau dan tertangani dengan cepat serta terintegrasi.
Operator itu juga melakukan Drive Test di Semarang dan Surabaya untuk memastikan layanan dan kapasitas jaringan yang telah disiapkan dapat digunakan dengan baik oleh pelanggan selama Ramadan dan mudik Lebaran.