Kamis 26 Jul 2012 20:27 WIB

Tahun 2012 Pengunduhan Aplikasi Capai 36 Miliar

Tawaran aplikasi di Android Market
Tawaran aplikasi di Android Market

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Aplikasi makin diminati para pengguna smartphone. Sepanjang tahun 2012, ABI Research mencatat ada 36 miliar pengunduhan. Ini berarti rata-rata satu pengguna smartphone mengunduh 37 aplikasi.

Dibandingkan dengan tahun 2011, memang terjadi kenaikan. Tahun 2011 rata-rata pengguna smartphone mengunduh 35 aplikasi. Fenomena ini menggembirakan, karena pengunduhan aplikasi akan cenderung naik.

Peningkatan pengunduhan aplikasi, dalam pandangan ABI Research, juga menggambarkan adanya percampuran diantara pengguna smartphone. Maksudnya, yang melakukan pengunduhan adalah para pemilik smartphone lama dan baru. Fenomena ini diduga terjadi karena harga aplikasi yang semakin murah dan terjangkau.

Penggunduhan aplikasi diperkirakan akan terus mengalami peningkatan, sekalipun tidak tinggi, seiring dengan makin meluasnya pengguna smartphone. Memang di banyak negara seperti AS, Eropa Barat dan sebagian Asia terjadi semacam kejenuhan di pasar aplikasi.

Aapo Markkaanen, Analis Senior ABI Reserach menyatakan bahwa pertumbuhan pengunduhan aplikasi tidak akan sebesar pertumbuhan pengguna smartphone. Saat ini sepertiga pengguna ponsel global saat ini telah beralih ke smartphone.

Faktor lain yang diperkirakan akan menjadi penghambat pengunduhan aplikasi adalah evolusi mobile web. '' Dalam dua atau tiga tahun mendatang, pengunduh konten berita dan majalah diperkirakan akan bergeser ke web,'' katanya.

Berita dan majalah telah mewarnai pengguna smartphone. Ia ikut memainkan peran penting dalam pertumbuhan pengguna smarphone. Ujung-ujungnya ia akan mempengaruhi tingkat pengunduhan aplikasi asli.

sumber : GSMA bussiness briefing
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement