Rabu 25 Jul 2012 07:46 WIB

Duh...Pekerjaan Melayang Gara-gara Foto Profil di Facebook

Facebook
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah riset yang dilakukan peneliti Amerika Serikat menemukan bahwa foto profil pada laman Facebook Anda, bisa membuat Anda kehilangan pekerjaan.

Penelitian ini menyatakan bahwa sebagian besar majikan dan agen pencari pekerjaan banyak menggunakan laman Facebook sebagai salah satu alasan untuk menyingkirkan kandidat yang dianggap tidak sesuai.

"Sementara itu, banyak majikan yang mengawasi kegiatan karyawannya menggunakan laman Facebook. Mereka juga menggunakan Facebook sebagai alat penyaring untuk mencari kandidat yang potensial," ujar pemimpin penelitian tersebut, Vanessa de la Llama, dari Universitas Internasionall Florida, di Miami Utara, AS.

Kurangnya aturan yang menjadi dasar dalam penilaian ini, membuat banyak firma dengan mudah menggunakan penilaian tersendiri, hanya berdasarkan seburuk apa foto profil pada laman Facebook seseorang.

"Ini menjadi tren baru, namun belum ada standarisasi yang diluncurkan, sehingga majikan seringkali menilai pelamar pekerjaan dengan cara yang subjektif," ujar Llama.

Para peneliti tersebut mengatakan bahwa mereka masih mempertanyakan etika seorang majikan yang menapis kandidat karyawan berdasarkan laman Facebook atau media sosial lainnya.

"Tentu saja, ini memungkinkan karena aktivitas pada laman Facebook seseorang dapat diterima sebagai jendela untuk melihat kepribadian orang tersebut," kata Liama.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement