Jumat 20 Jul 2012 15:00 WIB

Kantong Google Makin Tebal Berkat Iklan Online

Google
Foto: AP
Google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Google melaporkan lonjakan keuntungan kuartal sebesar 2,79 miliar dolar AS, pada Kamis (20/7), seiring dengan peningkatan pendapatan iklan dalam jaringan (online), melampaui perkiraan Wall Street.

Keuntungan perusahaan yang berbasis di California itu tumbuh 11 persen pada periode kuartal yang berakhir 30 Juni ketika pendapatan konsolidasi menanjak 35 persen menjadi 12,21 miliar dibanding kuartal fiskal yang sama 2011.

"Google satu-satunya (perusahaan) yang mempunyai kekuatan pertumbuhan pendapatan sebesar 21 persen, dan kami meluncurkan sejumlah produk-produk menarik baru...khususnya tablet Nexus 7, yang mendapat sambutan hangat dari tinjauan produk (review)," kata Pemimpin Google, Larry Page seperti dikutip AFP.

"Kuartal ini juga spesial karena Motorola menjadi bagian dari keluarga Google dan kami gembira mengenai potensi untuk memproduksi perangkat bagus bagi para pengguna," lanjut Page.

Google mengakuisisi Motorola Mobility dengan nilai 12,9 miliar dolar AS pada Mei sebagai manufaktur ponsel pintar dan perangkat lain yang menjadikan Google mampu bertarung melawan Apple. 

Harga saham Google meningkat menjadi 610,45 dolar AS per saham dalam beberapa jam pembukaan bursa yang diikuti peningkatan angka pendapatan.

Pelacak industri eMarketer menyebut pangsa pasar Google akan tumbuh hingga 77,9 persen tahun ini terpaut selisih dari tiga kuartal tahun lalu. Sebagai perbandingan, pasar yang diraih mesin pencari Bing diperkirakan tidak berubah pada tujuh persen.

Belanja iklan dalam jaringan bergerak di AS diperkirakan meningkat 80 persen pada 2012 menjadi 2,61 miliar dolar AS dengan pangsa pasar Google mendekati 52 persen, menurut eMarketer.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement