Kamis 19 Jul 2012 14:39 WIB

Gubernur Jateng Tantang Mahasiswa Bikin Traktor Tenaga Surya

CETAK LAHAN SAWAH. Seorang pekerja membajak lahan sawah dengan traktor
Foto: Antara
CETAK LAHAN SAWAH. Seorang pekerja membajak lahan sawah dengan traktor

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menantang mahasiswa Universitas Sultan Agung Semarang menciptakan traktor tenaga surya yang dinilai lebih bermanfaat daripada angkutan dengan sumber energi sejenis.

"Kalau bisa buat 'hand tractor' tenaga matahari karena akan lebih bermanfaat untuk petani," kata Gubernur ketika pengenalan perdana mobil hybrid "H-Molex" karya mahasiswa Unissula Semarang di Semarang, Kamis.

Menurut dia, tenaga surya cukup sesuai dengan kondisi iklim Indonesia yang hanya terbagi atas dua musim, kemarau dan penghujan. Ia menuturkan, traktor dengan sumber energi alternatif ini tidak akan menyebabkan petani tergantung terhadap solar. "Petani mendapat kemudahan dan lebih mengena," katanya.

Secara umum, ia mengapresiasi hasil ciptaan civitas akademika Unissula Semarang ini.

Meski demikian, ia meminta hasil ciptaan yang ramah lingkungan tersebut disempurnakan dan dibuat sederhana sehingga memunculkan daya tarik masyarakat.

Sementara itu, Wakil Rektor Unissula Semarang Gunarto mengatakan, mobil Hybrid tersebut memanfaatkan tiga sumber energi, yakni matahari, gas, serta premium.

Ide pembuatan kendaraan tersebut, lanjut dia, berawal dari ketersediaan sumber energi listrik yang mudah didapat.

Menurut dia, penggunaan tiga sumber energi tersebut sebagai bentuk antisipasi jika salah satu pemasok dayanya berkurang.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement