Selasa 17 Jul 2012 13:10 WIB

Wuih, Minyak Kelapa Bisa Dipakai Jadi Bahan Bakar Pesawat!

Pesawat Cesna (ilustrasi)
Pesawat Cesna (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO---Minyak kelapa yang direkayasa sedemikian rupa bisa menggantikan avtur, bahan bakar pesawat terbang, kata ketua ilmu rekayasa Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) di Gorontalo, Prof DR FG Winarno, Selasa.

"Indonesia, khususnya pulau Sulawesi dikenal untuk sumber daya kelapa yang melimpah," kata dia, dalam acara workshop mengenai konsep "Triple Helix" di Universitas Negeri Gorontalo.

Dia menjelaskan, kelapa memiliki unsur kimia C12 atau asam lemak dalam skala besar, sebagaimana halnya dimiliki oleh Avtur.

"Bahan bakar dari minyak kelapa, kelak bisa jadi pilihan alternatif, karena lebih ramah lingkungan karena jenis biodiesel," kata guru besar teknologi pangan di Institut Pertanian Bogor itu.

Selain itu, kelapa sejak dulu dikenal sebagai tumbuhan serbaguna, yang dapat member manfaat dari akar, daun, hingga buahnya. Adapun Triple Helix merupakan konsep segitiga antara pihak pemerintah, pelaku bisnis dan perguruan tinggi yang saling mendukung satu sama lain dalam pembangunan daerah. Konsep tersebut, saat ini coba diperkenalkan oleh tim AIPI di Provinsi Gorontalo, dengan mengundang para pihak terkait.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement