Senin 16 Jul 2012 19:17 WIB

Ini Nasehat Wozniak untuk Pebisnis Baru IT di Indonesia

Steve Wozniak
Steve Wozniak

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak, berbagi pengalaman dan nasehat dengan pebisnis-pebisnis baru sektor teknologi informatika (IT) Indonesia.

"Terkadang perbedaan kecil sangat berarti. Anda harus bekerja keras pada aspek-aspek detail untuk memastikan bahwa hal itu berjalan," kata Wozinak dalam jumpa pers seminar 'Innovation & Creativity' di Jakarta, Senin. Ia juga menekankan arti penting implementasi sebagai langkah lanjutan.

Rekan Steve Jobs itu mengatakan teknologi telah menjadi faktor terbesar yang mengubah bagaimana manusia menjalani kehidupannya dan bagaimana hal-hal terkait teknologi akan berubah pada tahun-tahun berikutnya.

"Sekarang banyak orang mengatakan 'perubahan terbesar dalam kehidupan saya datang dengan teknologi canggih terbaru' dan kemudian kita mencintai mesin-mesin (teknologi) itu," kata Wozniak yang akan menjadi pembicara utama pada seminar 17 Juli nanti.

Wozniak mengatakan pebisnis pemula IT tidak perlu mengkhawatirkan aturan hak paten terkait perusahaan-perusahaan besar karena perusahaan pemula jarang sekali berakhir dengan pelanggaran hak paten.

"Jika Anda didenda satu dolar, itu akan menjadi biaya pembelajaran Anda karena telah melakukan hal berbeda," kata alumnus Universitas California, Berkeley, AS itu.

Ketika bekerja untuk Apple, Wozniak menceritakan seringkali hal yang menurutnya luar biasa tidak muncul dan bahkan menjadi produk gagal.

"Sulit untuk melakukan apa yang Anda sukai, mencoba sesuatu, bereksperimen, melakukan apa-apa dan menunjukkan perbedaan jika Anda berada dalam perusahaan sebagai pebisnis," kata Wozniak yang lebih memilih menjadi pemegang saham Apple dibanding bekerja sebagai pemimpin perusahaan yang didirikannya itu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement