Senin 09 Jul 2012 15:32 WIB

Roy Suryo: Kiamat Internet itu 'Lebay'

Roy Suryo.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Roy Suryo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI, Roy Suryo, menilai kiamat internet yang santer diberitakan akan terjadi Senin (9/7) sebagai hal yang terlalu berlebihan. 

Kabar itu menurutnya tak lebih dari bisnis terselubung alias upaya untuk mengkomersialisasikan konsultasi dan antivirus.

"Kiamat internet ini malahan lebih bertujuan bisnis, jualan konsultasi dan antivirus," kata Roy Suryo di Jakarta, Senin (9/7).

Menurut Roy yang juga dikenal sebagai pakar telematika, kekhawatiran terhadap fenomena "Internet Doomsday" atau kiamat internet pada 9 Juli 2012 merupakan sesuatu yang berlebihan.

Hal itu karena efek DNSChange yang diakibatkan oleh perbuatan Hacker Estonia pada November 2011 sudah diantisipasi dengan baik oleh FBI.

Bagi Indonesia sendiri hanya sekitar 0,003 persen pengguna saja yang akan terpengaruh.

"Kekhawatiran akan kiamat internet itu agak 'lebay', untuk Indonesia hanya 0,003 persen pengguna saja yang akan terpengaruh. So, santai saja berinternet," katanya.

Roy menyarankan agar masyarakat tetap tenang dan tidak perlu menanggapi fenomena tersebut secara berlebihan.

"Masyarakat tenang-tenang saja, tidak usah terlalu dianggap. Kalau ada pakar-pakar yang menakut-nakuti itu lebay. Mungkin agar mereka ngetop saja, atau sekarang kan banyak pakar yang berani berbohong, mengkhianati ilmu demi uang. Jadi kiamat internet ini efeknya di Indonesia tidak ada apa-apanya," katanya.

Heboh kiamat internet sendiri berawal pada musim dingin 2011 ketika FBI mengadakan operasi yang diberi nama "Operation Ghost Click". Dalam operasi itu FBI berhasil menangkap enam hacker di Estonia yang sudah menginfeksi virus malware DNS Changer di lebih dari 4 juta komputer di dunia.

Virus itu dinilai berbahaya karena memungkinkan penjahat di dunia cyber untuk bisa mengendalikan server DNS komputer korbannya untuk mengarahkannya ke server-server DNS palsu yang telah disiapkan sebelumnya.

Di samping itu, virus juga mampu menginfeksi router-router dan memanipulasi DSN server dari router tersebut. Hal itu menyebabkan seluruh perangkat yang terkoneksi melalui router itu akan tersesat dan mengalami kiamat internet.

Domain Name Server (DNS) merupakan sarana penerjemah antara bahasa manusia dengan alamat Internet Protocol (IP) yang berupa angka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement