Senin 09 Jul 2012 06:40 WIB

Jaringan XL Siap Hadapi Lonjakan Trafik Ramadhan dan Idul Fitri

Uji jaraingan XL di kawasan pantura Jawa
Uji jaraingan XL di kawasan pantura Jawa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL memastikan jaringan secara nasional dalam kondisi baik dan siap menghadapi lonjakan trafik pada Ramadhan dan Idul Fitri 2012. XL juga telah meningkatkan kapasitas hingga 300 persen untuk menghadapi lonjakan trafik.

''Secara umum kondisi jaringan XL baik. Ada memang sinyal lemah atau blank spot di beberapa titik. Namun kami masih memiliki waktu untuk melakukan perbaikan atau membangun base transceiver station baru,'' kata Wira Wiguna, GM SPM Performance. XL bekerjama sama dengan Huawei Services untuk pengelolaan jaringan.

Wira menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan ujijaringan di jalur utama mudik di Sumatera, Jawa, Bali, Nusatenggara, termasuk Sulawesi dan Kalimantan. Diprediksi, kenaikan trafik pada Ramadhan dan Idul Fitri mendatang sekitar 20-30 persen.

Perbaikan, kata Wira, akan dilakukan hingga pertengahan Ramadhan tahun ini. Tentang uji jaringan, Wira menyatakan bahwa standar regulasi yang digunakan.

Manager Corporate Communication XL, Henry Wijayanto menyatakan pada Ramadhan dan Idul Fitri tahun lalu, trafik telepon tercatat 620 juta menit per hari dari trafik normal 530 juta menit. SMS naik 780 juta SMS dari trafik normal 630 juta SMS. Sementara data mengalami kenaikan menjadi 34,5 TB dari trafik normal 33 TB.

''Saat ini trafik normal telepon mencapai 600 juta menit, SMS 780 juta menit dan data 54 TB,'' kata Henry. Pada Ramadhan akan terjadi perubahan pola komunikasi. Umumnya menjelang sahur akan terjadi kenaikan trafik. '' Kita telah melakukan antisipasi. Kapasitas yang ada mampu menghandle kenaikan trafik,'' ujar Henry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement