Ahad 08 Jul 2012 11:41 WIB

XL Siapkan 10 BTS Mobile di Jalur Utama Mudik

Mobile BTS XL
Mobile BTS XL

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL Axiata akan menyiagakan 10 mobile BTS ( BTS bergerak) di jalur utama mudik.  Langkah ini merupakan antisipasi lonjakan trafik selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

''Sekitar 10 mobile BTS akan disiapka  di jalur utama mudik sebagai antisipasi kenaikan trafik komunikasi dan gangguan pada jaringan kami,'' kata GM SPM Performance XL, Wira Wiguna.

Wira menyatakan pihaknya telah melakukan uji jaringan di jalur utama mudik, baik jalur darat, jalur kereta api termasuk jalur laut ( ferry). ''Berdasarkan evaluasi hasilnya baik. Ada beberapa blank spot atau sinyal yang masih lemah,'' paparnya.

Ia mengaku masih ada waktu hingga pertengahan Ramadhan tahun ini untuk melakukan perbaikan atau menambah kapasitas. ''Jika diperlukan kami akan membangun BTS baru. Semua ini untuk kenyamanan pelanggan berkomunikasi,'' paparnya kemudian.

Tentang trafik komunikasi Ramadhan dan Lebaran sendiri, diperkirakan akan mengalami kenaikan sekitar 20-30 persen. Untuk kenaikan ini pihaknya optimistis dapat menghandle. '' Karena kapasitas yang tersedia jauh dari cukup,'' ujar Wira.

XL meningkatkan kapasitas jaringan hingga 20 persen untuk mendukung layanan telepon dan SMS, sementara untuk layanan data telah ditingkatkan kapasitasnya hingga 300 persen. Sementara bandwith untuk layanan Blackberry mencapai 7 Gbps.

Jaringan yang dimiliki didukung oleh MSC Pool dan SGSN in Pool secara nasional. ''Sehingga kalau ada gangguan di satu wilayah, secara otomatis akan dihandle wilayah yang lain, sehingga komunikasi tetap bisa berjalan dengan baik,'' katanya.

Hal yang sama berlaku pada lonjakan trafik komunikasi. Bila di satu area terjadi lonjakan trafik komunikasi, secara otomaris kapasitas jaringan akan area lain yang lebih rendah bergeser ke area dimaksud, sehingga kapasitas yang dibutuhkan cukup dan memadai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement