Jumat 06 Jul 2012 09:46 WIB

XL Lakukan Uji Kesiapan Jaringan

Pelepasan tim uji jaringan XL oleh Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi
Pelepasan tim uji jaringan XL oleh Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menjelang Ramadhan, XL Axiata kembali melakukan uji kesiapan jaringan di jalur utama mudik Lebaran baik di Pulau Jawa maupun luar Jawa.

Uji jaringan dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauhmana kesiapan jaringan XL menghadapi lonjakan trafik komunikasi dan data selama Ramadhan hingga Idul Fitri. XL sendiri, kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi, telah melakukan antisipasi terhadap lonjakan trafik itu.

Antisipasi antara lain dilakukan dengan meningkatkan kapasitas jaringan. '' Untuk SMS dan voice kapasitas jaringan telah ditingkatkan hingga tiga kali, sementara untuk data dua kali,'' kata Hasnul ketika melepas rombongan XL Netrally 2012 di stasiun Gambir, Jakarta.

Hasnul optimistis bahwa kapasitas jaringan yang ada mampu menghandle kenaikan trafik komunikasi selama Ramadhan dan Idul Fitri, sekaligus memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh pelanggan XL.  Hasnul menyatakan bahwa untuk menyiapkan jaringan pihaknya mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki dan perangkat pendukungnya.

Pada uji jaringan XL mengundang kalangan pers dan blogger untuk menyaksikan secara langsung kondisi jaringan XL. '' Biar wartawan dan blogger yang bercerita kepada masyarakat dan pelanggan, bagaimana seriusnya kami menyiapkan jaringan terbaik,'' kata Hasnul.

Uji jaringan dilakukan serentak pada 6-7 Juli dari sejumlah titik menggunakan berbagai moda transportasi. Misalnya kendaraan bermotor untuk rute Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Semarang-Jogja-Solo dan Surabaya-Jogja.

Uji menggunakan kereta api menempuh rute Jakarta-Semarang. Sementara untuk moda transportasi laut dilakukan uji jaringan menggunakan ferry Bakauheni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk.

Uji sinyal dilakukan menggunakan peralatan standar yang diakui secara regulasi. Pada uji sinyal juga dilakukan pengukuran untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang jalur yang dilalui, baik kualitas 2G maupun 3G, untuk layanan voice, sms dan data ( internet dan Blackberry).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement