Kamis 05 Jul 2012 09:00 WIB

MeeGo Cabut dari Nokia

Ponsel Nokia dengan OS MeeGo
Ponsel Nokia dengan OS MeeGo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tim Maemo meninggalkan Nokia. Tim yang mengembangkan sistem operasi MeeGo ini telah menjalin kerjasama dengan Nokia sekitar 12 tahun.

Sotiris Makyrgiannis, the head of MeeGo developement menyebutkan sejumlah produk dengan sistem operasi MeeGo telah diluncurkan, diantaranya N770, N800, N810, N900 dan N9/N950. Diantara produk-produk itu, N9 dinilai sebagai produk yang prestisius.

Lepas dari Nokia, tim Maemo tampaknya masih akan terus bekerja. Kabarnya tim ini tengah menungu lampu hijau dari Samsung dan Intel untuk pengembangan produk dengan sistem operasi Tizen yang berbasis MeeGo.

MeeGo merupakan sistem operasi yang dikembangkan Nokia bersama dengan Intel. Tim Maemo adalah tim yang menangani sistem operasi tersebut.

MeeGo adalah sistem operasi terbuka, berbasiskan plaform Linux mirip seperti Google Android yang memadukan Maemo Nokia dan Intel's Moblin systems.

Aliansi Finlandia - Amerika ini berusaha untuk menciptakan sebuah sistem operasi yang cocok untuk setiap perangkat yang memiliki kemampuan menjelajah internet dari smartphone, netbook, komputer tablet, televisi dan bahkan pada sistem hiburan di mobil sekalipun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement