Senin 02 Jul 2012 14:24 WIB

Tiga Awak Soyuz Mendarat di Kazakhstan

Pendaratan Awak Soyuz
Pendaratan Awak Soyuz

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kapsul pesawat antariksa Rusia, Soyuz, mendaratkan tiga astronotnya di Kazakhstan pada Minggu, setelah selama enam bulan menjalankan tugas di Stasiun Antariksa Internasional (International Space Station/ISS).

Kapsul yang membawa kosmonot Rusia, Oleg Kononenko; astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Don Pettit; dan astronot Badan Antariksa Eropa (European Space Agency), Andre Kuipers; itu mendaratkan para awak dengan parasut pukul 14:14 waktu setempat.

Tak lama setelah pendaratan tim Rusia dan personel NASA tiba di lokasi pendaratan dengan helikopter untuk membantu para awak dan memeriksa kondisi kesehatan mereka, demikian menurut laman resmi NASA.

Kepulangan Kononenko, Pettit dan Kuipers dari stasiun antariksa menandai akhir Ekspedisi 31 dan awal Ekspedisi 32 dibawah komando Gennady Padalka, yang akan tetap berada di orbit bersama insinyur penerbangan Sergei Revin dan astronot NASA Joe Acaba sampai 17 September mendatang.

Tiga awak tambahan untuk Ekspedisi 32, yang terdiri atas astronot NASA, Suni Williams; astronot Japan Aerospace Exploration Agency Aki Hoshide; dan kosmonot Rusia, Yuri Malenchenko, bersiap meluncur dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan dengan pesawat antariksa Soyuz TMA-05M pada 14 Juli mendatang dan tiba di stasiun antariksa pada 17 Juli.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement