Ahad 01 Jul 2012 09:51 WIB

All In One PC Semakin Bermunculan

Rep: rosita budi suryaninsih / Red: M Irwan Ariefyanto
komputer
Foto: realitypod.com
komputer

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perangkat personal computer (PC) biasanya terdiri dari berbagai hardware, yaitu central processing unit (CPU), monitor, keyboard, mouse, speaker, dan piranti tambahan lainnya. Kini, era baru dalam mendefinisikan komputer pun perlahan- lahan berubah.

Tren terbaru perangkat komputer kini mulai berganti dengan model all in one (AIO) PC. Model ini terlihat lebih ringkas dan tak banyak makan tempat. Hanya sebuah monitor bertengger di atas meja. CPU dan perangkat lainnya, sudah tertanam di belakangnya.

Berbagai pabrikan mulai merambah pasar PC all in one ini. Salah satunya adalah Lenovo. Untuk memberikan pe ngalaman tak terlupakan, berbagai inovasi dan teknologi paling mutakhir pun dibenamkan ke dalam produk terbarunya yaitu Ideapad A720. Lenovo membenamkan layar sentuh multitouch pada produk ini. Layar sentuhnya bisa memindai lebih dari satu jari. “Sepuluh jari lebih pun bisa,” ujar Consumer Bussines 4P and Distribution Manager PT Lenovo Indonesia, Julius Tjhin, di Jakarta, pekan lalu.

Selain itu, engsel bawahnya juga bisa dilipat hingga 90 derajat. Keunggulan lain dari seri ini adalah ketebalannya yang hanya 24,5 milimeter. Lenovo pun meng klaim untuk kelas PC all in one yang ada sekarang, komputer ringkas berukuran 27 inci inilah yang paling tipis di dunia.

Desainnya stylist dengan menggunakan bahan alumunium base dan modelnya frameless dengan full high definition screen. Untuk memberikan performa yang maksimal, A 720 dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 generasi ketiga, dan grafis NVIDIA GeForce GT 630M 2GB dengan HDD 750GB dan memori DDR3 8 GB. “Kecepatan 1600 MHz dan juga reduced power usage,” jelas Julius.

Pabrikan asal Amerika Serikat, Hewlett-Packard (HP) juga memberikan inovasi yang fantastis untuk seri PC all in one yang disegmenkan untuk keluarga ini yaitu model HP Touchsmart 620 3D. Pengguna bisa menyentuhkan tangannya langsung ke monitor, bisa menonton film 3D, juga audio yang berkelas bisa dinikmati.

Market Development Manager Personal System Group Hewlett Packard Indonesia, Jane Ritonga, menyatakan produk barunya ini bisa menghadirkan kegembiraan dan hiburan dengan tata suara berkualitas tinggi serta pengalaman visual baru grafis 3D dalam format all in one yang praktis, estetis, dan hemat tempat.

Penggunaan layar sentuh intuitif pada piranti ini memudahkan akses ke aplikasi maupun konten penting seperti koleksi foto, video, musik, atau sekadar untuk mencari resep masakan, serta meninggalkan pesan melalui note atau video yang dapat di- pos ti ng berkat inovasi magic canvas. “Wallpapernya bisa diganti dan ditulis sesuai kesukaan kita, seperti kanvas ajaib,” ujarnya.

HP melihat banyak film yang dibuat seri 3D-nya, dan ternyata para keluarga menyukainya karena lebih hidup dan menyenangkan. Piranti ini, menurutnya, cocok bagi pengguna yang menginginkan hiburan yang berbeda dari yang lain. Tak hanya bisa dipakai untuk menonton film hingga merekam dengan format 3D, TouchSmart 620 3D juga dibekali dengan beats audio, teknologi besutan rapper terkenal Dr Dre, yang mampu menghasilkan suara setara studio. Di pasaran, PC all in one berukuran 23 inci ini dibanderol seharga Rp 15 juta.

Tak mau ketinggan, Acer juga meluncurkan produk andalannya yaitu AZ5610 yang telah dilengkapi dengan teknologi multi touch pada layar sentuh di monitor 23 incinya. Di dalamnya, terdapat prosesor Core 2 Quad Q8400 berkecepatan 2,66GHZ, memori DDR3 sebesar 4GB, hardisk 750GB, dan grafis ATI Radeon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement