Selasa 26 Jun 2012 18:50 WIB

Jejaring Sosial Dominasi Internet Indonesia

Hansal Savia
Hansal Savia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Durasi akses Internet via telepon seluler (ponsel) di Indonesia diperkirakan 10 jam/pekan pada 2012 atau meningkat dua jam dibanding tahun sebelumnya, demikian hasil survei Yahoo TNS Nex Index.

"Akses Internet bergerak (mobile) melalui ponsel naik 40 persen sejak 2009 hingga awal 2012, sedangkan akses Internet dari warung Internet justru turun sebanyak 34 persen pada periode yang sama," kata penasehat teknis Lembaga Riset TNS Indonesia, Hansal Savla dalam jumpa pers di Jakarta hari ini.

Lalu laman apa saja yang dikunjungi saat berinternet? Savla mengatakan akses ke situs jejaring sosial mendominasi kegiatan berinternet via ponsel (76 persen), baru kemudian pengiriman-penerimaan pesan instan (45 persen).

Selain akses jejaring sosial dan pesan instan, survei Yahoo! TNS itu juga mencatat sejumlah tren penggunaan Internet via ponsel pada 2012.

Di antara tren itu adalah pencarian informasi dari laman berita sebanyak 42 persen (naik 11 persen dari 2011) dan pengunduhan aplikasi-aplikasi ponsel sebanyak 29 persen--atau naik lima persen dari 2011.

Survei Yahoo! Net Index melibatkan responden sebanyak 3.365 orang yang diambil dari media non-Internet dan 1.762 orang dari media Internet.

Para responden berasal dari Jakarta, Bogor-Depok-Tanggerang-Bekasi (Bodetabek), Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Palembang, Makassar, Yogyakarta, dan Denpasar.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement