Sabtu 23 Jun 2012 14:07 WIB

VMware Kembangkan Open Source untuk Apache Hadoop

Arsitektur Apache Hadoop
Arsitektur Apache Hadoop

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--VMware mengembangkan proyek bertajuk Serengiti. Ia merupakan open source terbaru untuk Apache Hadoop baik di lingkungan virtual maupun Cloud.

Untuk mendukung projek ini, VMware bekerja sama dengan komunitas Apache Hadoop dalam menyediakan berbagai extension sehingga komponen-komponen  kunci dalam framework tersebut cocok untuk virtualisasi. Melalui kerja sama ini diharapkan skalabilitas Apache Hadoop menjadi lebih elastis sekaligus meningkatkan kinerjanya di lingkungan virtual.

“Apache Hadoop memiliki potensi untuk mengubah bisnis dengan cara memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk memberdayakan potensi data dalam jumlah besar guna  menciptakan keunggulan kompetitif,” kata Jerry Chen, Vice President, Cloud and Application Services, VMware.

Ia menyebut hal itu bagian dari perubahan besar yang terjadi pada aplikasi,  dan perusahaan tengah mencari jalan untuk menggabungkan teknologi baru ini ke dalam portofolio mereka. '' VMware bekerja sama dengan komunitas Apache Hadoop guna memfasilitasi TI enterprise sehingga mereka bisa menggelar dan mengelola Hadoop dengan mudah di lingkungan virtual dan cloud,” papar Jerry.

Apache Hadoop tengah menjadi standar de facto untuk pengelolaan data berukuran besar (Big Data).  Namun, kompleksitas penggelaran dan operasionalnya, kebutuhan peranti keras tersendiri dan kekhawatiran tentang keamanan dan jaminan tingkat layanan menghambat perusahaan memanfaatkan kekuatan Hadoop.

Melalui proses pemisahan (de-coupling) node-node Apache Hadoop dengan infrastruktur fisik, VMware mengklaim telah membawa semua manfaat dari infrastruktur Cloud ke Hadoop. Manfaat tersebut antara alain penggelaran secara cepat, tingkat ketersediaan yang tinggi, utilisasi sumber daya secara maksimal, elastisitas dan sistem multi-tenancy yang aman bagi Hadoop.

Serengeti dapat diunduh secara gratis dengan lisensi Apache 2.0, dan merupakan seperangkat peralatan penggelaran “one-click” yang memungkinkan perusahaan meningkatkan kemampuan platform VMware vSphere untuk menggelar klaster Apache Hadoop dalam hitungan menit, termasuk komponen Hadoop yang bersifat umum seperti Apache Pig dan Apache Hive.  

Setelah memakai Serengeti untuk menjalankan Hadoop pada platform VMware vSphere, perusahaan dapat meningkatkan kemampuan seperti high-availability, fault-tolerance dan migrasi secara live pada klaster Hadoop.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement