Kamis 21 Jun 2012 18:35 WIB

Pengguna Android Tumbuh 1.500 Persen

Samsung Galaxy M
Foto: CNET
Samsung Galaxy M

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pengguna device yang mengusung sistem operasi Android di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan dalam setahun terakhir ini. Pertumbuhan tinggi diperkirakan akan terjadi tahun mendatang.

''Pengguna Android di Indonesia tumbuh signifikan,'' kata Head of VAS, Aplications and Device Management Group Telkomsel, Gideon Edi Purnomo di Jakarta, Kamis (21/6).

Gideon menunjuk pada pertumbuhan pengguna Android di Telkomsel yang mengalami kenaikan hingga 15 kali lipat dalam enam bulan terakhir ini. ''Akhir tahun 2011 pengguna Android baru sekitar 170 ribu, sekarang mencapai 2,5 juta atau mengalami kenaikan hingga 15 kali lipat,'' kata Gideon.

Pertumbuhan pengguna Android, kata Gideon, masih akan mengalami kenaikan tinggi. Ada sejumlah faktor yang menopang meroketnya jumlah para pengguna Android di Indonesia. Misalnya device. ''Sekarang banyak sekali device Android dengan harga terjangkau. Ini jauh berbeda dengan dua tahun lalu, dimana device Android harganya sekitar Rp 6 juta,'' kata Gideon.

Harga device yang murah, kata Gideon, menjadi salah satu faktor yang ikut mendorong pertumbuhan pengguna Android. Telkomsel, kata Gideon, memang ikut mendorong terciptanya device murah.

''Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk pengembangan device Android murah ini,'' kata Gideon. Gayung bersambut. Banyak pihak mendukung program ini, seperti Qualcomm penyedia prosesor dan chipset.

Gideon mengingatkan bahwa platform suatu device, seringkali bukan menjadi pertimbangan utama para pengguna smartphone. ''Pelanggan umumnya mengedepankan manfaat. Apa manfaat yang bisa dipetik dari sebuah smartphone,'' katanya.

Android disebut Gideon, memberikan banyak manfaat karena menawarkan konten dan aplikasi yang kaya dan beragam. Yang menarik, sebagian besar konten dan aplikasi yang ditawarkan Android free alias tidak berbayar

Seiring dengan perkembangan pengguna Android, apakah Telkomsel akan menyediakan paket khusus untuk pengguna Android? ''Untuk saat ini belum. Kita menyediakan paket yang umum saja. Ada banyak pilihan paket, pelanggan silakan memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka,'' kata Gideon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement