Senin 18 Jun 2012 16:21 WIB

Yuk Kirim Uang Lewat Ponsel

Direktur Teknologi, Content & New Business XL - Dian Siswarini (kanan) dan Senior GM - m-Finance XL - Yessie D. Yosetya meluncurkan  XL Tunai Domestik
Direktur Teknologi, Content & New Business XL - Dian Siswarini (kanan) dan Senior GM - m-Finance XL - Yessie D. Yosetya meluncurkan XL Tunai Domestik

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL Axiata meluncurkan fitur baru layanan mobile wallet, XL Tunai-Domestik. Fitur baru menyediakan layanan pengiriman uang ke sesama pelanggan XL di Indonesia menggunakan ponsel.

''Sekarang cukup dengan ponsel, pelanggan XL bisa mengirim uang ke pelanggan XL yang lain, tanpa terikat waktu dan lokasi,'' kata Direktur Teknologi, Content & New Business XL, Dian Siswarini, di Jakarta, Senin (18/6).

XL Tunai Domestik disebut Dian merupakan pengembangan lebih jauh dari layanan XL Tunai yang dirilis awal tahun 2012. Pengguna layanan XL Tunai hingga saat ini tercatat sekitar 70.000 orang.

XL Tunai layanan transaksi untuk pembelian produk atau pembayaran tagihan, termasuk pembelian pulsa secara online melalui ponsel dengan menukar saldo XL Tunai seharga produk yang akan dibeli. XL Tunai adalah e-money dengan sistem server-based, di mana nilai uang pelanggan tersimpan di server yang berada di XL.

XL Tunai Domestik adalah layanan pengiriman uang menggunakan ponsel. Uang yang dikirim adalah uang yang ada di akun XL Tunai pelanggan. Untuk mendapatkan akun, pelanggan harus melakukan registrasi dan melakukan pengisian uang. Uang yang dimiliki itulah yang bisa dikirimkan ke orang lain yang berlangganan XL.

Pengiriman cukup menggunakan ponsel dan ditujukan kepada penerima. pengirim dapat melakukan pengiriman  dengan mengetik *123*120*9#. Ketika uang berhasil dikirimkan, pengirim akan mendapatkan SMS notifikasi yang berisi kode pengiriman serta informasi detil pengiriman. Penerima akan mendapatkan informasi dimana uang bisa diambil.

Penerima juga akan mendapatkan SMS notifikasi berisi kode transaksi. Penerima dapat memilih cara mencairkan uang kiriman dengan langsung  datang ke XL Center atau Agen XL Tunai ataupun meminta uang tersebut diantar ke lokasi yang diinginkan pelanggan, sehingga memberikan kenyamanan bagi penerima. Petugas XL Tunai akan membantu pencairan uang dan penerima hanya perlu menunjukkan KTP nya dan menandatangani bukti tanda terima transaksi.

Dian menyatakan baik pelanggan atau penerima tidak dikenakan biaya SMS untuk informasi dan notifikasi. '' Semua SMS yang dikirimkan dari nomor 120 adalah tidak berbayar (gratis),'' kata Dian.

Untuk mendukung program ini XL telah menyiapkan sekitar 2.000 titik yang akan menjadi agen XL Tunai. Jumlah agen akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan. ''Kami juga merekrut ratusan karyawan untuk mengelola layanan ini,'' kata Dian. Karyawan XL dilibatkan karena ketentuan ini diatur dalam Kegiatan Usaha Pengiriman Uang (KUPU) Bank Indonesia.

Menurut Dian, untuk aktivitas pengisian uang (cash in) bisa dilakukan mitra-mitra XL. Namun untuk pencairan uang yang dikirimkan pelanggan akan dilakukan oleh karyawan XL. Para karyawan ini sebagian akan dititipkan di mitra XL yang berperan sebagai agen XL Tunai.

Dian optimistis layanan ini akan diminati pelanggan XL, karena praktis dan berbiaya murah. '' XL menargetkan 150.000 pelanggan XL Tunai yang akan menggunakan layanan virtual ini sampai dengan akhir tahun 2012,'' kata Dian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement