Selasa 12 Jun 2012 09:52 WIB

Ini Dia Fitur Baru di iOS6

Apple iOS6
Apple iOS6

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Apple memperkenalkan sistem operasi terbarunya, iOS 6 di ajang World Wide Developer Conference yang berlangsung di San Francisco, AS, Senin. Sistem operasi terbaru didukung oleh 200 fitur baru dan diklaim sebagai sistem operasi tercanggih saat ini.

Menyusul pengumuman itu, Apple menyediakan versi beta untuk para pengembang. Sistem operasi terbaru akan tersedia untuk iPhone, iPad dan iPod Touch pada triwulan ke empat tahun ini. Apple menjanjikan up date gratis untuk sistem operasi terbarunya itu.

Dengan sistem operasi baru, Siri kini bisa digunakan untuk iPad terbaru serta iPhone 4S. Apple memberikan dukungan untuk bahasa  Inggris, Prancis, Jerman dan Jepang, dan menambahkan dukungan untuk Spanyol, Italia, Korea, Mandarin dan Kanton.

Siri yang dioptimalkan untuk digunakan di 15 negara, akan membantu penggunanya mendapatkan informasi lebih banyak dengan perintah suara. Pengguna juga bisa meminta Siri untuk memperbarui status Anda di Facebook, posting ke Twitter atau memulai sebuah aplikasi.

Untuk jejaring sosial, Apple melakukan integrasi aplikasi facebook dengan kontak dan calendar. Integrasi memungkinkan penggunanya melakukan posting secara langsung. Pembaruan lain adalah berbagai foto menggunakan iCloud, serta fitur Passbook.

Fitur terbaru juga melakukan update disemua perangkat iOS, dan secara otomatis akan melakukan pembaruan kontak, kalendar dan ulang tahun kolega. Fitur ini juga menawarkan kemudahan mendapatkan informasi dan konten dari App Store dan iTunes, termasuk rekomendasi kolega mengenai konten terbaru atau terpopuler atau memberikan 'like' untuk konten.

Apple juga melakukan pembaruan pada Maps. Maps terbaru tampil dengan rancangan cartography khas Apple, navigasi turn by turn dan tampilan gambar yang semakin menarik. Ada tampilan 3D interaktif pada Map dan navigasi, termasuk informasi real time arus lalu lintas.

Dengan informasi lalu lintas real time, pengguna tidak saja mendapat informasi mengenai kondisi lalu lintas terkini. Namun juga informasi mengenai jalur alternatif yang bisa ditempuh.

Sementara itu Pasbook terbaru menawarkan tempat tunggal untuk berbagai keperluan, misalnya boarding pass atau membeli tiket pertandingan basket. Menggunakan sistem kupon, bila kupon tadi di scan menggunakan iPhone atau iPhone Touch akan tampil informasi yang diperlukan.

Di sisi lain, iPhone atau iPod Touch bisa menjadi perangkat multifungsi lain. Karena Passbook juga bisa menjadi media pengingat. Ia akan mengingatkan Anda kapan Anda harus masuk pesawat, termasuk saat ada delay penerbangan.

Dengan Pasbook, iPhone atau iPad Touch berfungsi sebagai kartu. Ia bisa menjadi kartu pelanggan untuk mendapatkan diskon dengan menscan perangkat ini. Ia juga bisa menjadi semacam buku tabungan, untuk mengetahui berapa sisa uang yang dimiliki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement