Kamis 07 Jun 2012 18:24 WIB

XL Rintis Layanan Mobile Cloud

Peluncuran layanan M2M dan Cloud XL
Peluncuran layanan M2M dan Cloud XL

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL merintis layanan mobile cloud. Menggandeng OnMobile, layanan mobile cloud yang dikembangkan merupakan pelengkap dari layanan cloud computing yang diberi nama XCloud.

Melalui layanan ini pengguna dapat melakukan aktifitas antara lain back up atas data-data yang dimiliki dan disimpan di dalam perangkat selular termasuk tablet yang mereka miliki.

Dengan adanya layanan baru, maka portfolio dari solusi XL XCloud yang tadinya hanya terbatas pada Infrastructure as a Services (IaaS) dan Software as a Services (SaaS), akan memiliki tambahan solusi yaitu Mobile Cloud.

Cloud mobile merupakan layanan baru yang dikembangkan XL. Selain OnMobile, XL juga menggandeng PT Huawei Tech Investment dan Qualcomm Incorporated untuk pengembangan layanamn baru.

Bersama dengan Huawei, XL akan mengembangkan solusi M2M di dua area, yaitu di area sistem pelacakan (tracking) dan sistem pengintaian bergerak (mobile surveilance). Mobile surveilance merupakan layanan yang bermanfaat untuk membantu mencegah tindakan kriminal.

Sementara itu bersama Qualcomm, XL akan mengembangkan solusi di area rumah pintar (smart home). Rumah pintar ini bermanfaat untuk mengintegrasikan peralatan elektronik yang terdapat di rumah sehingga menjadi suatu kesatuan sistem yang akan dapat dikontrol dari jarak jauh.

Direktur Teknologi, Content & New Business XL, Dian Siswarini  mengatakan XL tidak setengah-setengah dalam menyelenggarakan layanan M2M dan XCloud. '' Karena itu, meskipun masih sangat baru, kami tidak ragu untuk terus memperkaya portofolio pada kedua layanan tersebut,'' kata Dian.

Untuk memastikan variasi solusi yang ditawarkan, Dian menyatakan pihaknya mengikat kerjasama dengan para pemilik teknologi yang memiliki reputasi internasional. Melalui penyelenggaraan beragam layanan solusi dengan teknologi yang terbaru ini, diharapkan bisa berkontribusi dalam pembangunan ekosistem M2M dan Cloud nasional.

Dian menambahkan, pengembangan layanan M2M dan XCloud merupakan bagian dari keseriusan XL membangun dan mengembangkan bisnis baru di bidang data. XL pun sejak awal menyadari bahwa solusi di kedua teknologi baru ini akan sangat luas. Masing-masing partner akan memiliki ruang lingkup kerja yang berbeda satu sama lain yang disesuaikan dengan keahlian dan spesialisasi dari masing-masing perusahaan yang bersangkutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement