Kamis 24 May 2012 09:19 WIB

Anak Aman Bila Orang Tua Gak Gaptek

Semakin banyak anak-anak di Inggris yang menghabiskan banyak waktu di internet.
Foto: www.bbc.co.uk
Semakin banyak anak-anak di Inggris yang menghabiskan banyak waktu di internet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kunci keamanan berinternet yang aman bagi anak adalah orang tuanya yang melek internet alias gak gaptek dunia online. Hal inilah yang disampaikan General Manager Virtual Academy, Andi Primaretha, M.Si.

"Anak-anak jaman sekarang merupakan 'gen Z' (lahir setelah 1995, red), mereka sangat pintar dan sangat melek media elektronik terutama internet," ujar Andi kepada ANTARA News, usai menjadi pembicara pada seminar anak di Jakarta, Rabu (24/5).

Sebaliknya para orang tua yang kebanyakan berasal dari 'gen X' atau yang lahir lebih awal tampaknya masih sedikit konservatif dan belum melek internet, jelas Andi.

"Hal inilah yang membuat kebanyakan orang tua cemas bila anak mereka terlalu lama bergelut dengan internet karena ketakutan dengan pornografi dan cyber bullying, karena mereka tidak tahu cara mengawasinya," ujar Andi.

Menurut Andi, orang tua yang melek media justru dengan mudah dapat mengawasi bahkan melindungi anak-anaknya melalui media internet, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Orang tua sebaiknya tidak melarang anak untuk menggunakan internet, namun sebaliknya para orang tua yang seharusnya mampu mengimbangi 'kecanggihan' anak-anak mereka, kata Andi.

"Bagaimana pun juga, internet itu penting dan anak-anak jelas membutuhkan internet sebagai sumber informasi yang melengkapi buku," kata Andi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement