Kamis 17 May 2012 00:00 WIB

Penjual: Komputer Tablet Belum Geser Laptop

Tablet dengan sistem operasi Android 4 (ilustrasi)
Foto: technologer.net
Tablet dengan sistem operasi Android 4 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG- Penjualan komputer tablet sampai saat ini belum mampu menggeser laptop meski ada kecenderungan mengalami kenaikan omzet dari tahun ke tahun. 

Wiraniaga gerai Angkasa Komputer di Pameran Komputer Java Supermal Semarang, Tirta, Rabu, mengatakan bahwa penjualan laptop dan notebook masih menduduki peringkat atas karena fungsinya yang lebih lengkap.

"Penjualan laptop lebih banyak daripada tablet dengan perbandingan 70:30 persen. Dalam sehari laptop bisa terjual 5--10 unit, PC rakitan masih ada peminat tapi lebih untuk perkantoran sekitar 5--8 unit per hari, sedangkan tablet hanya 3--4 unit per hari," katanya.

Menurut dia, laptop dianggap sebagian besar konsumen lebih bisa membantu meringankan pekerjaan kantor, sekolah, atau kuliah, bahkan untuk mengoperasikan aneka permainan yang memiliki memori besar.

Ia mengatakan bahwa semua ada fungsinya sendiri-sendiri. Notebook lebih untuk konsumen perempuan atau anak sekolah yang butuhnya hanya mengetik dan bentuknya kecil, sedangkan laptop lebih kepada orang kantor dan perancang grafis yang membutuhkan aplikasi yang lengkap untuk pekerjaannya.

Komputer tablet, menurut dia, tidak bisa dimungkiri bisa menggeser keberadaan laptop suatu saat nanti karena kepraktisannya, selain bentuknya yang kecil dan mudah dibawa ke mana-mana.

Senada dengan Tirta, pemilik Toko Kingsmart, Eric Kristianto, mengatakan bahwa komputer tablet memang masih belum menggeser laptop karena semua memiliki pangsa pasar yang berbeda.

"Laptop dan notebook itu punya pasar sendiri lebih kepada orang yang kerja dan kuliah, tablet pun juga sama punya pasar sendiri tetapi lebih dikhususkan untuk orang yang mobilitasnya tinggi karena praktis," katanya.

Eric memprediksikan pada tahun depan kemungkinan tablet akan menggeser laptop dan notebook sehingga lebih mengkhususkan tokonya untuk menjual komputer tablet saja.

"Kingsmart hanya menjual tablet karena saya melihat kecenderungan orang sekarang mengutamakan kepraktisan sehingga tahun depan tablet akan 'booming' sekali. Sekarang saja, setiap harinya tablet yang terjual bisa mencapai 10 unit," katanya.

Akan tetapi, dia tetap tidak memungkiri bahwa konsumen akan tetap mencari yang harganya paling murah, seperti tablet-tablet buatan China. "Pasti konsumen akan tetap cari murah, tetapi pada dasarnya dari segi fungsi semua sama," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement