Senin 14 May 2012 08:56 WIB

Scott Thompson Mundur , Ross Levinsohn Interim CEO Yahoo

Ross Levinshon
Ross Levinshon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--CE0 Yahoo! Scott Thompson, dilaporkan telah telah mengundurkan diri jabatan karena alasan pribadi.

Kabar mundurnya Scott pertama kali diungkap Kara Swisher di All Tings D. Kara sendiri mendapatkan kabar itu dari Ross Levinsohn, yang kini menjabat Interim Chief Executive Officer.

Menyusul mundurnya Scott Thompson, Dewan Direksi Yahoo telah menunjuk Ross Levinshon sebagai interim CEO Yahoo.

Scott harus meninggalkan Yahoo setelah muncul skandal riwayat hidup palsu. Seorang pemegang saham Yahoo pada Jumat meminta dewan direksi memecat  CEO Thompson karena riwayat hidup yang palsu, paling lambat Senin siang (7/5).

Dalam surat kepada direksi Yahoo, manajer perusahaan keuangan "Third Point" Daniel Loeb --yang memiliki 5,8 persen saham Yahoo, meminta Yahoo memecat Thompson dan direktur Patti Hart, yang latar belakang pendidikannya juga dipertanyakan.

Yahoo harus "memberhentikan Thompson sesegera mungkin karena menunjukkan ketidakmampuan untuk tetap menjabat sebagai CEO dan direktur Yahoo serta menerima pengunduran diri Hart karena alasan yang sama", tulis Loeb dalam suatu surat.

Loeb dan Third Point pada Kamis (3/5) menuduh Thompson memalsukan ijazah universitasnya. Yahoo kemudian mengonfirmasi bahwa Thompson tidak memiliki gelar sarjana ilmu komputer dan menyebut hal itu sebagai "kesalahan yang tidak disengaja".

Dewan direksi Yahoo mengatakan pada Kamis malam bahwa ketidak-sesuaian itu akan diselidiki. Loeb mengatakan bahwa surat yang dikeluarkan Jumat (4/5) bahwa respon awal Yahoo terhadap isu tersebut "melecehkan pemegang saham".

Loeb juga meminta Yahoo untuk membuka proses saat pemilihan Thompson sebagai CEO, mengungkapkan semua hubungan antara Thompson dan para direktur di dewan direksi dan menyediakan bagi para pemegang saham informasi mengenai proses nominasi direktur.

Menurut Loeb, ia mendapat informasi dari Stonehill College bahwa Thompson hanya lulus dengan gelar akuntansi pada 1979 dan universitas tersebut tidak memberikan gelar ilmu komputer hingga 1983.

Thompson sebelumnya mengklaim bahwa ia mempunyai gelar ilmu komputer dari Stonehill College dalam daftar riyawat hidup sejak bekerja di eBay hingga menjadi CEO Yahoo, dan juga mencantumkan hal itu dalam dokumen US Securities and Exchange Commission.

sumber : all thing d
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement