Senin 07 May 2012 00:00 WIB

37 Ribu Artikel Bahasa Jawa Mengisi Wikipedia

Wikipedia
Foto: Wikipedia
Wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, Pengurus Wikipedia Bahasa Jawa Prasetyo mengatakan saat ini setidaknya ada sekitar 37.877 artikel yang ada di Wikipedia versi bahasa Jawa. Kontennya, ini kata dia akan terus diperkaya. 

Salah satunya dengan menggelar kompetisi menulis artikel berbahasa Jawa "Papat Limpad 2012" di Semarang. 

"Kami akui semakin banyak konten memang memengaruhi tingkat kunjungan ke situs, sebab jika konten artikel terbatas tentunya pembaca juga bosan. Karena itu, kami terus memperkaya artikel yang dimiliki," kata Prasetyo Senin (7/5).

Terkait gelaran kompetisi itu, Perwakilan dari Kemenkominfo Mariaman Purba mengaku menyambut baik. Kompetisi yang diprakarsai Wikimedia Indonesia itu menurutnya sarat dengan muatan pendidikan untuk masyarakat.

"Dengan kompetisi menulis artikel berbahasa Jawa itu bisa memberikan muatan pendidikan pada generasi muda, di samping tentunya mendukung upaya pemerintah dalam melestarikan budaya tradisional, temasuk budaya Jawa," kata Mariaman.

Wikipedia bahasa Jawa atau dikenal sebagai Wikipedia basa Jawa adalah versi bahasa Jawa ensiklopedia dalam jaringan internet.

Layanan ini, seperti dikutip dari laman Wikipedia,  pertamakali dirilis 8 Maret 2004. Pada bulan September 2011 tercatat pengguna terdaftar di Wikipedia bahasa Jawa adalah 10.659 orang.

sumber : Antara, Wikipedia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement