Kamis 03 May 2012 16:40 WIB

Tokobagus.com akan Dorong UMKM Optimalkan eComerce

Dua pendiri tokobagus.com menyerahkan donasi untuk pengrajin
Dua pendiri tokobagus.com menyerahkan donasi untuk pengrajin

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tokobagus.com akan mendorong usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia untuk lebih banyak memanfaatkan bisnis berbasis online dan layanan eComerce. Dengan memanfaatkan eComerce secara optimal, diharapkan UKM di Indonesia lebih maju lagi.

Arnold Sebastian Egg selaku Founder dan Pimpinan Tokobagus.com, menyatakan bahwa belum banyak masyarakat--termasuk kalangan UKM,  yang menyadari kelebihan transaksi 'online'. Salah satunya disebabkan belum melek  internet, atau sering mengakses internet tetapi belum tahu manfaatnya secara luas.

"Kalangan pengusaha UMKM, seringkali hanya menggunakan internet sebagai sarana berinteraksi sosial lewat situs jejaring sosial. Belum banyak yang mencoba untuk berbisnis atau bertransaksi jual beli barang atau jasa," katanya.

Karena itulah, tokobagus.com berinisiatif untuk melakukan sosialisasi yang intens mengenai penggunaan internet untuk mendukung kepentingan UKM serta manfaat eComerce bagi UMKM.

Ihwal respon UMKM terhadap situs jual beli online yang dikelolanya, sebastian menyatakan tanggapan mereka positif." Kita melihat cukup banyak kalangan UKM serta UMKM yang memanfaatkan internet. Mereka menjajaki dunia maya dalam bertransaksi, selain berjualan secara langsung,'' paparnya.

Ia menambahkan bahwa saat ini anggota situs jual beli online dari kalangan UMKM mencapai lebih dari 25 persen dari total 2,5 juta anggota aktif.

Potensi yang besar sektor UMKM memang tidak dilewatkan begitu saja oleh tokobagus.com. Pada ajang Inacraft 2012 yang berlangsung di Jakarta 25-30 April lalu, tokobagus.com memanfaatkan perhelatan itu sebagai ajang sosialisasi dan edukasi untuk kalangan UMKM.

''Kami menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk sosialisasi eComerce untuk UMKM, '' kata Remco Lupker salah satu eksekutif tokobagus.com. Toko online ini menggandeng Kementrian perdagangan dan dinas perdagangan.

Remco mengigatkan bahwa kalangan UMKM juga jangan hanya dimaknai mereka yang mendapatkan pengakuan dari pemerintah untuk menjalankan usahanya itu. ''Banyak individu kreatif yang juga layak disebut kalangan UMKM. Ini juga harus diperhatikan,'' katanya.

Tokobagus.com juga memberikan donasi kepada para pengrajin yang menjadi binaan dari yayasan Kapeta ( karya peduli kita), sebuah yayasan yang peduli terhadap penderita HIV Aids.

Tokobagus.com merupakan situs jual beli online terbesar di Indonesia, didirikan di Bali sejak 2005 silam oleh Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker.Saat ini member Tokobagus.com mencapai 2,5 juta lebih dengan aktifitas pengunjung setiap harinya yang masuk di situs ini berjumlah jutaan pengunjung. 

 

Pada awal 2012 ini  Tokobagus.com yang  masuk dalam jajaran 20 besar situs-situs terpopuler di Indonesia ini, melakukan beberapa perubahan untuk tampilan dan layanannya sehingga menjadi lebih user friendly, baik itu untuk versi mobile ataupun desktopnya,semuanya kini semakin mudah digunakan. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement