Rabu 02 May 2012 20:24 WIB

Gmail Resmi Pasang Penerjemah Bahasa Otomatis

Gmail
Gmail

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kabar baik bagi pengguna layanan email milik Google. Penerjemah otomatis untuk pesan Gmail tak lagi sekadar uji coba. Kini Anda sudah bisa mengubah isi pesan dari bahasa asing ke bahasa lokal dengan mudah dan butuh satu klik saja. 

Ini berarti, Anda tak usah lagi repot repot membuka kamus saat menerima email dari teman asal Korea. Atau tak usaha buang biaya ikut kursus bahasa asing, karena Anda kini bisa mudah mengirim pesan untuk rekan bisnis di Inggris atau Perancis.

Penerjemah pesan otomatis (Automatic Message) pertamakali dikenalkan di Gmail Labs pada Mei 2009. Kala itu layanan yang masih dalam tahap uji coba ini langsung digandrungi banyak kalangan, terutama pebisnis yang seringkali bekerja dengan berbagai rekan bisnis di sejumlah negara. 

“Beberapa orang hanya ingin dengan mudah membaca suratkabar dari negeri seberang. Sementara ada seseorang yang menulis ke kami bagaimana caranya menyetel Gmail ibunya agar bisa menerjemahkan segalanya menjadi bahasa lokal, dan untuk itu ia bisa menghemat panggilan telepon yang tak terhitung jumlahnya," tulis Product Manager untuk Google Translate dalam Jeff Chin dalam blog resmi Google. 

"Karena penerjemah pesan menjadi salah satu (produk) laboratorium paling populer, kami memutuskan sudah waktunya untuk meluluskannya dari Gmail Labs dan memindahkannya ke dunia nyata."

Layanan ini, seperti dilaporkan, sudah bisa dinikmati secara bertahap dalam beberapa hari kedepan. Pengguna nantinya akan mendapati tombol "Translate message" di setiap kepala email yang diterima. 

Cukup klik tombol itu maka penerjemah mengubah bahasa secara otomatis. Bagi Anda yang sering menerima pesan dalam bahasa asing dapat mengaktifkan terus fitur alih bahas ini setiap saat. Namun, bagi yang merasa belum butuh dapat mematikan opsi itu secara manual. 

 

sumber : Mashable
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement